Internet for Elderly


elderly using internet

Sewaktu saya tinggal di New York City antara tahun 2003 – 2005, saya membawa sebuah penyesalan dalam hati saya karena kesulitan berkomunikasi dengan orang tua saya di Jakarta. Ya betul…saya terlalu naif menganggap internet adalah sesuatu yang mudah untuk dipelajari dan nyatanya, setengah mati untuk mengajarkannya. Akhirnya 3 tahun di NYC saya hanya bisa berhubungan dengan orang tua dengan telpon, sedangkan bisa dikatakan saya terkoneksi ke internet 24/7.

Saya yakin saya bukanlah seorang anak satu-satunya yang kesulitan berkomunikasi, dan sampai dua hari yang lalu saya masih berandai-andai apakah ada sebuah program yang bisa mempermudah orang tua kita yang gaptek bisa terkoneksi dengan internet, sehingga mereka bisa berkomunikasi dengan anak-anaknya no matter where they are.

Internet for Elderly, kedengerannya tidak terlalu sulit ya, tapi pada kenyataannya banyak orang tua bahkan untuk urusan komputer saja belum bisa, sehingga pada prakteknya kita justru mengajarkannya mulai dari computer 101 sebelum sampai ke internet 101 dan internet for elderly, yang artinya it’s a big big learning curve ahead.

Dua hari lalu saya menemukan ELDY, sebuah NGO yang bertujuan untuk membantu orang tua untuk bisa menggunakan komputer dan menikmati koneksi internet. ELDY juga mengembangkan sebuah software yang bisa membuat komputer jadi jauh lebih user-friendly bagi orang tua yang memang tidak pernah menggunakan komputer sebelumnya. Software ini dibagikan gratis di website mereka.

Setelah saya menemukan ELDY, ingatan saya melayang ke masa-masa dimana begitu susahnya mengajarkan orang tua untuk menggunakan komputer, dan saya ingat betapa orang tua kita juga struggling untuk bisa memahami apa yang kita ajarkan. Sehingga empati saya muncul dan sangat berkeinginan untuk membantu orang tua agar bisa menggunakan komputer dan menggunakannya untuk akses ke internet.

Karena sifat dari ELDY ini adalah NGO, saya pikir jika saya mengajukan diri untuk kerjasama mendidik serta memasyarakatkan para orang tua agar tidak kehilangan hubungan dengan orang tua, pasti akan sangat menarik dan hitung-hitung saya bisa menebus kesalahan saya di masa silam.

Bagaimana menurut Anda?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s