Mungkin sebagian besar dari Anda sudah mengetahui peristiwa pemblokiran Instagram oleh Twitter yang menyebabkan setiap posting (foto) yang dilakukan pada Instagram tidak akan bisa lagi di share ke Twitter timeline.

Saya sempat mentweet pertanyaan yang muncul dibenak saya, apakah pengguna Instagram yang selama ini cukup menggantungkan diri pada Twitter yang sudah memiliki jaringan pengguna lebih luas akan bisa bertahan untuk tidak menshare foto-foto Instagram mereka ke Twitter?

Bila kita tarik pandangan kita agar bisa melihat lebih luas maka sebenarnya tidak ada satupun produk yang posisinya benar-benar aman bila mereka “hidup” di atas platform produk lain. Facebook dan Twitter sudah tumbuh menjadi sebuah platform raksasa dimana banyak produk yang hanya bisa berjalan di atas platform tersebut. Ironisnya platform tersebut dimiliki oleh perusahaan lain yang juga berpotensi menjadi kompetitor mereka dikemudian hari.

Saya tidak berbicara mengenai peristiwa Instagram dan Twitter yang persinggungannya tidak langsung, namun yang saya maksud adalah aplikasi-aplikasi dan produk-produk seperti UberSocial, HootSuite, Echofon di Twitter atau game-game Zynga yang jalan di Facebook.

Istri saya sempat berkomentar tentang ini, “Coba di dunia ini gak ada kejadian saling memakan dan aman selalu ya”. Ya seperti juga yang diharapkan oleh John Lennon pada lagunya yang berjudul “Imagine”. Well it’s just nature…business just like nature, so don’t feel to comfortable in lion’s cage if we know they could eat us when they want it to…:-)