Start Something That Matters


Saya yakin sebagian dari Anda pernah mendengar kalimat yang saya pakai sebagai judul di atas. Ya betul itu adalah judul dari blog milik Blake Mycoskie, seorang enterpreneur yang dulunya pernah jadi pemenang The Amazing Race yang lalu memutuskan untuk membangun TOMS Shoes yang menginspirasi Blake untuk menjalankan blog dan membuat buku yang berjudul sama.

TOMS Shoes diinspirasi pada saat Blake berkunjung ke Argentina pada tahun 2006 dan menyaksikan sendiri anak-anak tumbuh tanpa sepatu karena kurangnya ketersediaan sepatu di sana. Solusi yang diambil sangat sederhana sekaligus revolusioner, yaitu membuat bisnis (for-profit) yang bisa berkelangsungan dan tidak bergantung dari donasi. Setiap penjualan sepatu TOMS hasilnya akan dibelikan sepatu lagi untuk disumbangkan pada anak-anak yang tidak memiliki sepatu. Visi inilah yang menjadi dasar dari ide bisnis TOMS.

Memulai sesuatu yang berarti memang bukanlah hal mudah dan membutuhkan konsistensi yang juga tinggi dan dukungan yang penuh. TOMS Shoes selain sebagai bisnis yang profitable tapi juga menyentuh nilai-nilai sosial serta mengajak semua orang untuk ikut serta melakukan nilai-nilai sosial tersebut. Perpaduan antara bisnis dan gerakan sosial ini lah yang membuat TOMS jadi menarik.

Beberapa gerakan sosial yang terjadi di social media di tanah air terbukti telah berhasil dengan baik. Contohnya gerakan Koin Untuk Keadilan, Indonesia Berkebun, Akademi Berbagi, dan lain sebagainya. Walaupun dari poin keberlangsungannya membutuhkan effort yang cukup besar (karena bersifat non-profit) namun gerakan-gerakan tersebut terbukti bisa jalan dengan baik.

Start something that matters itu tidak harus sesuatu yang susah, namun bisa dimulai dari hal-hal keseharian seperti misalnya mengoreksi hal-hal keseharian yang sebenarnya salah namun jadi kelihatan seperti benar karena tidak pernah ada yang dengan sadar memberitahu. Contohnya Gerakan Indonesia Berkebun yang menyebarkan semangat positif untuk lebih peduli kepada lingkungan dan perkotaan.

Dengan alasan tidak ingin mencampuri urusan orang lain, kita semua sudah banyak bersikap acuh yang berakibat banyaknya hal-hal yang salah jadi terpelihara puluhan tahun sehingga menjadi norma-norma baru yang diyakini kebenarannya. Kita tidak pernah dengan sungguh-sungguh menegur orang-orang yang melakukan korupsi berpuluh-puluh tahun sehingga akhirnya jika kita tidak melakukan korupsi jadi dianggap bodoh. Kita tidak pernah dengan sungguh-sungguh melarang pengendara motor untuk jalan melawan arus sebagai usaha mencari jalan terpendek, sehingga jika ada pengendara motor yang tidak melakukannya dianggap bodoh. Kita tidak pernah dengan sungguh-sungguh melarang orang merokok diruangan tertutup sehingga akan langsung melempem ketika di counter-back dengan alasan hak asasi manusia. Dan masih banyak lainnya.

Mulailah dari hal yang kecil, mulailah dari lingkungan disekitar Anda sebagai awal perjalan untuk membuat sesuatu yang lebih baik nantinya. Let start something that matters, and spread it 🙂

foto: Ian & Wendy

 

Iklan

Satu pemikiran pada “Start Something That Matters

  1. Ping balik: Gerakan Wakaf Sepatu Sekolah | Bangwin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s