Life Is Cheap


Twit dari Ario Tamat diatas membuat saya teringat beberapa kasus serupa yang terus menerus terjadi menimpa orang-orang yang tidak memiliki kemampuan finansial yang cukup untuk mendapatkan pengobatan yang layak di negara ini. Sistem di negara ini membuat kita tidak boleh jadi orang tidak mampu, karena jika tidak mampu maka kita tidak boleh sakit dan ini adalah hal yang mustahil.

Ingatan saya melayang kembali ke tahun 2003 ketika saya merencanakan untuk berangkat ke New York City. Pada persiapannya saya sempat bingung ketika pemerintah AS mensyaratkan para imigran harus memiliki asuransi kesehatan untuk tinggal di Amerika Serikat, dan ketika saya akhirnya tinggal disana maka saya baru mengerti kenapa persyaratan untuk memiliki asuransi kesehatan itu adalah mutlak, karena tidak lain biaya pengobatan itu luar biasa tingginya. Dengan kata lain bisa dipastikan hampir semua warga tidak akan bisa membayar jika harus masuk rumah sakit, dan ini sangat ironis. Oleh karena itu pemerintah AS mengencourage warganya/imigran untuk memiliki asuransi kesehatan sehingga beban antisipasi pengobatan terutama rumah sakit itu bisa dialihkan dan dibuat lebih ringan.

Di negara ini, semua dibuat sangat fleksibel, namun kefleksibelan tersebut tidak dibarengi oleh edukasi yang cukup, sehingga semua berjalan sebebas-bebasnya sampai akhirnya terlambat. Praktek demokrasi kebablasan dengan membebaskan sebebas-bebasnya tanpa peduli mau celaka ataupun tidak, itulah yang terjadi di negara ini. Kembali lagi yang jadi korban adalah rakyat.

Saya tidak ingin membandingkan negara kita dengan negara lain ya, namun kejadian-kejadian seperti yang di twit oleh Ario di atas itu terus menerus terjadi. Negara tidak punya sistem yang baik untuk warganya sehingga hidup seorang manusia pun dianggap sama saja dengan hidup seekor nyamuk…very cheap. Kalau tidak punya uang ya silahkan tunggu sampai ada uang atau silahkan meregang nyawa…:-(

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s