Mungkin sama dengan apa yang biasa Anda lakukan setiap hari, saya pun selalu memeriksa kalender saya di smartphone untk mengetahui ada jadwal apa saja hari ini. Pagi ini saya dikejutkan dengan munculnya notifikasi yang tidak pernah saya set sebelumnya. Google Search di Android langsung menampilkan jadwal penerbangan yang akan saya lakukan pagi ini. Suprisingly convenient and scary at the same time.

Beberapa saat lalu saya membaca berita bahwa Yahoo! Mail kini akan mulai menscan semua email kita untuk tujuan targeted ads. Mereka akan memperbarui TOS mereka lalu “memaksa” kita untuk menyetujuinya bila kita tetap ingin menggunakan layanan email mereka. Dalam berita tersebut dikatakan bahwa Gmail bahkan sudah lama melakukan hal tersebut.

Dengan demikian kesimpulan yang bisa saya ambil, dengan integrated account, Google menggunakan data-data yang diambil dari pengguna yang menggunakan layanan mereka tidak hanya sekedar untuk keuntungan mereka, namun juga memperbaiki experience pengguna. Mudah-mudahan Yahoo! pun melakukan hal yang sama sehingga penggunapun sedikit banyak jadi “merelakan” untuk berbagi data dengan Yahoo!

Sekedar informasi tambahan, informasi flight tersebut Google dapatkan dari korespondensi email saya dengan layanan penerbangan yang kebetulan di forwardkan istri saya ke Gmail saya. Jadi Google memang menscan email saya untuk mendapatkan informasi-informasi yang kemudian dijadikan notifikasi yang bermanfaat buat saya.

Pleasant experience buat users, trust that they will gain from them 🙂