Internet Untuk Semua


Disekitar tahun 2003-2005, saat saya tinggal di NYC, kota ini banyak membuka pandangan saya terhadap bagaimana berkehidupan secara modern tanpa harus meninggalkan kualitas. Salah satunya adalah otoritas taman kota yang berlomba-lomba untuk menjadikan taman kota jadi tempat yang nyaman untuk disinggahi. Salah satu taman tersebut namanya Bryant Park yang juga merupakan venue resmi dari New York Fashion Week. Tentunya saya tidak akan bercerita tentang New York Fashion Week ya namun yang membuat saya kagum adalah taman ini menyediakan free wifi untuk para pengunjungnya. Sehingga banyak yang menggunakan Bryant Park ini sebagai tempat kerja jika sedang bosan bekerja dibelakang meja.

Internet seperti yang kita ketahui sudah jadi kebutuhan yang tak terlepaskan dari kehidupan kita, setidaknya yang tinggal di kota-kota besar. Dan ide membagikan akses internet sama saja dengan memperhatikan kenyamanan hajat orang banyak. Mengkaitkan dengan ini maka apa yang dilakukan oleh Google dengan Project Loon nya betul-betul sebuah lonjakan dahsyat.

Project Loon adalah sebuah proyek eksperimen dari Google untuk menyediakan akses internet gratis bagi tempat-tempat terpencil dan juga daerah-daerah miskin dengan cara menerbangkan sebuah balon udara yang lalu memancarkan sinyal wifi ke tempat-tempat tersebut. target utama terlihat dengan jelas, yaitu Google ingin jadi penyedia wifi secara global

Niatan Google boleh dibilang sangat ambisius, namun bukanlah sesuatu yang tidak mungkin untuk dijalankan. Saya pribadi tidak berharap Google akan bisa “mampir”  ke Indonesia dengan Project Loon ini namun, saya pikir ide ini bukanlah milik Google semata sehingga kita semua bisa memikirkan solusi yang kurang lebih sama untuk bangsa kita.

Bagaimana menurut Anda?

foto: Engadget

Iklan

Satu pemikiran pada “Internet Untuk Semua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s