Pertanyaan penulis Tech In Asia, Enricko Halim tentang kemungkinan Facebook membuka kantor lokal di Indonesia dalam tulisannya, membuat saya teringat dengan pertanyaan serupa yang muncul di kepala saya pada beberapa tahun lalu.

Charlene Chian, Facebook’s head of communications for Asia-Pacific menjelaskan ketika ditanyakan oleh Enricko dalam tulisannya bahwa Facebook belum memiliki rencana lebih jauh untuk membuka kantor di Indonesia. Mungkin jika dilihat dari jumlah pengguna aktif Facebook di Indonesia yang berjumlah 64 juta per bulannya maka jadi kelihatan aneh bagi sebagian besar dari kita. Apakah benar? Saya pribadi punya pendapat yang agak berbeda.

Menurut saya yang dibutuhkan perusahaan-perusahaan seperti Facebook untuk masuk ke pasar baru adalah agency/company/ perseorangan yang memiliki kemampuan menjembatani kepentingan bisnis produk dan layanannya Facebook di sini. Membuka kantor sendiri baru keliatan make sense jika revenue sudah mulai terjadi. Yang harus diingat adalah segala aktivitas yang difokuskan pada sebuah pasar akan selalu diperhitungkan profit and loss nya, sehingga harus dipikirkan benar-benar.

Bagaimana menurut Anda?