Belajar Menahan Harapan Agar Ia Tidak Bisa Menyakiti Kita


Kegagalan hampir selalu berakibat kekecewaan dan kadang dampaknya lebih parah dari yang kita bayangkan. It sucks…! Seperti yang kita ketahui proses mewujudkan sebuah ide adalah sebuah proses yang sangat indah. The most amazing experiences one can have. Bila berhasil maka kepuasan yang kita dapatkan. Dan bila kita gagal tetap saja banyak pelajaran yang bisa kita dapatkan. Namun semuanya ini jadi tidak lagi berharga jika kita tenggelam dalam kekecewaan yang dalam karena sebuah harapan yang dipatok pada setiap proses mewujudkan ide. Pedihnya bahkan jauh lebih terasa daripada yang kita pernah bayangkan.

Sejujurnya menurut saya kita sebaiknya selalu menjalankan sesuatu dengan asumsi bahwa kita tidak akan pernah dihargai, kita tidak akan pernah mendapatkan pengakuan yang pantas, semuanya tidak sepadan dengan waktu dan tenaga yang kita curahkan.

Keuntungan dari cara pandang tersebut tentu saja jika terjadi pencapaian yang baik, maka itu adalah sebuah tambahan bonus. Hal lainnya yang jadi keuntungan dari menahan segala harapan atas pekerjaan yang kita jalankan adalah, akhirnya akan tertinggal satu pertanyaan yang harus dijawab:

Apakah kita ingin membuat ide ini jadi kenyataan atau tidak?

Begitu kita bisa menjawab dengan sejujurnya untuk diri kita sendiri, maka semuanya akan berjalan dengan lebih mudah.

Foto: Capebe

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s