[Jelang2014] Berani Lebih Jeli


Yak mungkin Anda semua “berasa” familiar dengan judul di atas ini yang saya ambil dan modifikasi dari tagline yang digunakan oleh salah satu kandidat konvensi Partai Demokrat yang akan datang. Namun tentu saja konteks yang saya tuju sangat berbeda, walaupun masih berkaitan dengan masa-masa menjelang pesta demokrasi kita di tahun 2014 nanti.

Mengapa harus berani lebih jeli? Ya simply karena kita semua tidak mau membeli kucing dalam karung, atau menentukan pilihan yang gak jelas sehingga ujung-ujungnya satu bangsa harus menanggung pilihan yang salah. Jika rakyat lebih jeli maka setidaknya tidak ada kandidat yang berani iseng-iseng berhadiah untuk mencalonkan diri mereka tanpa alasan yang cukup kuat. Bahkan alasan yang cukup kuat pun jika tidak dibarengi dengan penjelasan-penjelasan yang masuk akal seharusnya tidak bisa serta merta menggalang massa.

Beberapa saat lalu saya banyak bertanya pada teman-teman tentang pilihan-pilihan kandidat yang ada. Walaupun belum semuanya namun saya banyak melihat alasan dukungan mereka karena sosok kandidat dan sejarah aktivitas yang membuktikan sedikit banyak sikap yang akan diusung bagi negara ini. Yang agak mengkhawatirkan bagi saya juga banyak dukungan diberikan karena sebatas satu atau dua sikap simpatik yang merupakan signature dari para kandidat tersebut. Banyak yang jadi lupa bahwa menjadi presiden sebuah negara dituntut untuk siap dengan jawaban dan pemikiran yang pas dan strategis untuk segala bidang (bukan hanya bidang yang dikuasainya saja). Kalau kita terbuai dengan hanya satu atau dua “kehebatan” kandidat, begitu terpilih lalu bidang-bidang lain si terpilih hanya bisa prihatin akan buyar negara kita nantinya.

Sekali lagi, saya pikir kita semua sebagai bangsa harus mulai menjadi lebih dewasa dalam menentukan pilihan. Jangan terus-terusan menentukan pilihan ala anak SMA dimana jika teman-temannya pilih A maka supaya tidak dibilang gak keren maka terpaksa pilih A juga, padahal ada pilihan B, C, D dan seterusnya. Kalau perlu pelajari satu persatu sampai kita tahu lebih dalam tentang para kandidat tersebut (jangan hanya mendalami satu kandidat).

Akhir kata dalam tulisan kali ini: Dengan berani lebih jeli maka kita bisa tahu lebih dalam dan lebih memiliki dasar dalam memilih…:-)

Foto: nitinjain.blogspot.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s