Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor!)


Sejak lama saya bertanya apakah negara kita punya mekanisme pengaduan resmi yang bisa ditanggapi secara cepat. Kemana saya harus mengadu jika ada tiang listrik tumbang atau jalan yang berlubang parah? Sampai-sampai saking skeptisnya saya berfikir apakah orang-orang yang bekerja di pemerintahan jika melihat ada masalah pada layanan publik disekitarnya juga akan diam saja?

Masih ingat ketika ada yang berinisiatif untuk membuat sebuah media online tempat kita bisa mengupload pelanggaran jalur busway? Saya sempat membuat blogpost tentang hal tersebut. Dan saya pikir dengan media sosial orang-orang “terpaksa” bertindak sendiri karena pihak pemerintah tidak mengacuhkan pelanggaran-pelanggaran tersebut.

Ketika saya bertemu dengan salah seorang teman lama saya, ia sempat menginformasikan adanya situs resmi pemerintahan yang bisa kita gunakan untuk mengadukan masalah-masalah tentang pembangunan dan juga masalah layanan publik. Nama layanan tersebut adalah Lapor! yang merupakan kepanjangan dari Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. Layanan ini berbasiskan web dan juga bisa diakses lewat SMS dan mobile app. Teman saya tersebut sempat menunjukkan mobile appsnya dan ia juga berceritabahwa report yang ia lakukan walaupun took sometimes tapi tetap ditanggapi dan dijalankan oleh pihak-pihak yang terkait. Problem utamanya adalah belum banyak orang yang memanfaatkannya karena mungkin memang sosialisasinya juga sangat kurang.

Keterangan lebih lanjut mengenai Lapor! ini ada dalam bentuk video yang bisa kita lihat di bawah ini

Dan ini URLnya: http://www.lapor.ukp.go.id

Iklan

5 pemikiran pada “Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor!)

  1. Kenapa ya setiap bantuan pemerintah selalu tidak adil.contohnya saja BLSM,masa banyak yang keadaan ekonominya sangat rendah tetapi tdk mendapat bantuan justru yg sebaliknya yang dapat,itu termaksud saya selama 6 tahun perkawinan saya belum pernah mendapat bantuan uang seperti itu,padahal waktu pendataan saya di daftar,konawe selatan-KENDARI-SULAWESI TENGGARA

    Suka

  2. Saya dengar ini akan ada lagi bantuan BSM untuk pelajar tp saya tidak termasuk lg padahal saya punya dua orang anak dan adik saya yg SMP yg menjadi tanggungan saya.itulah yg membuat saya pusing tentang kinerja pemerintah disini,orang seperti saya makan saja susah,rumah masih bolong2,gak punya kendaraan tp gak dapat sedangkan yg bisa di bilang rumahnya permanen malah itu yg selalu dapat bantuan.

    Suka

  3. Kami minta kalau bisa pemerinta tolong di perketat daerah perbatasan berhubung BBM yang di seludupkan oleh ole pertamina atambua kabupaten belu perbatasan langsung dengan timor leste karna saat ini masyarakat sulit mendapatkan bbm karna semua mengalir ke timor leste jadi kami mohon kepada pemerinta dan aparat tolong di tanggapi..

    Suka

  4. Kenapa orang yang krupsi tidak di hukum mati aj napa cuman narkoba aj sedangkan krupsi itukan mematikan dan menyusakan semua orang di indonesia sedangkan narkoba kan pakai uang nya sendiri bukan uang negara

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s