Sejak lama saya bertanya apakah negara kita punya mekanisme pengaduan resmi yang bisa ditanggapi secara cepat. Kemana saya harus mengadu jika ada tiang listrik tumbang atau jalan yang berlubang parah? Sampai-sampai saking skeptisnya saya berfikir apakah orang-orang yang bekerja di pemerintahan jika melihat ada masalah pada layanan publik disekitarnya juga akan diam saja?

Masih ingat ketika ada yang berinisiatif untuk membuat sebuah media online tempat kita bisa mengupload pelanggaran jalur busway? Saya sempat membuat blogpost tentang hal tersebut. Dan saya pikir dengan media sosial orang-orang “terpaksa” bertindak sendiri karena pihak pemerintah tidak mengacuhkan pelanggaran-pelanggaran tersebut.

Ketika saya bertemu dengan salah seorang teman lama saya, ia sempat menginformasikan adanya situs resmi pemerintahan yang bisa kita gunakan untuk mengadukan masalah-masalah tentang pembangunan dan juga masalah layanan publik. Nama layanan tersebut adalah Lapor! yang merupakan kepanjangan dari Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. Layanan ini berbasiskan web dan juga bisa diakses lewat SMS dan mobile app. Teman saya tersebut sempat menunjukkan mobile appsnya dan ia juga berceritabahwa report yang ia lakukan walaupun took sometimes tapi tetap ditanggapi dan dijalankan oleh pihak-pihak yang terkait. Problem utamanya adalah belum banyak orang yang memanfaatkannya karena mungkin memang sosialisasinya juga sangat kurang.

Keterangan lebih lanjut mengenai Lapor! ini ada dalam bentuk video yang bisa kita lihat di bawah ini

Dan ini URLnya: http://www.lapor.ukp.go.id