[Jelang2014] Nyolong Start


Bila Anda penggemar olahraga atletik maka pasti Anda tahu bahwa ada alasan khusus  kenapa harus ada istilah start dan finish untuk semua peserta kan? Sederhananya dengan ditentukan adanya start dan finish secara bersamaan bagi semua atlet yang ikut maka juri/penilai bisa menentukan lebih mudah siapa yang menang. Begitu juga dalam sebuah pesta demokrasi. Seluruh partai peserta pemilu yang sudah memiliki kandidat juga ditentukan waktu untuk melakukan kampanye, ada aturannya. Seperti juga di atletik, godaan untuk melakukan start lebih awal (which is illegal) selalu ingin dilakukan. dan ini dilakukan semata-mata ingin menang.

Mungkin Anda adalah salah satu penonton TV yang terganggu ketika asa sebuah acara kuis yang di “sponsori” oleh salah satu partai peserta Pemilu. Nama acaranya adalah Kuis Kebangsaan. Saya kutip berita yang saya dapatkan di Kompas Online ini:

Kuis yang ditayangkan secara langsung di RCTI ini dikatakan bertujuan untuk menguji wawasan dan pengetahuan warga tentang Indonesia, baik sejarah, geografi, Pancasila, pengetahuan umum, maupun informasi terkini. Kuis ini disponsori oleh pasangan kandidat calon presiden-calon wakil presiden Wiranto-Hary Tanoesoedibjo yang diusung oleh Partai Hanura.

OK, mungkin saya kurang mengerti tapi pemahaman saya sponsorship terhadap sebuah acara itu akan berubah jadi kampanye terselubung jika mereka penyisipkan pesan-pesan dan atribut-atribut kandidat didalamnya. Dan itu lah yang terlihat pada acara Kuis Kebangsaan tersebut.

Terus terang saya tidak mempermasalahkan urusan kuis tersebut settingan atau tidak namun usaha kampanye terselubunglah yang membuat saya lumayan terganggu.

Unfortunatelly yang membuat kasus ini terangkat kepermukaan justru masalah “pre-setting” nya acara ini yang justru sebenarnya karena keteledoran mereka juga.

Bagaimana menurut Anda?

Foto: Mens Fitness

Iklan

2 pemikiran pada “[Jelang2014] Nyolong Start

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s