[Jelang2014] Antara Anies dan Apple


Banyak cara kandidat capres untuk menyampaikan pesan-pesan tentang visi dan misi mereka bila mereka terpilih menjadi presiden maupun konvensi sebuah partai. Salah satu kandidat yang melakukan tidak dengan cara biasa adalah kandidat konvensi Partai Demokrat, Anies Baswedan. Salah satu cara yang ia lakukan adalah merilis beberapa video yang bercerita tentang sosok pak Anies yang sedang ngobrol dengan sosok personifikasi dari pesan yang ingin ia sampaikan. Contohnya coba lihat video di bawah ini:

Penyampaian pesan seperti ini cukup menarik namun pertanyaannya apakah ini bisa ditangkap oleh masyarakat? Ya tentu saja bisa namun coba kita lihat, seberapa banyak rakyat Indonesia yang bisa menonton video ini via YouTube? Jumlah pengguna internet di Indonesia saja perkiraannya kira-kira akan mencapai sekitar 100 juta di tahun 2014 nanti, berdasarkan proyeksi APJII, nah Anda bisa perkirakan berapa besar pengguna YouTube yang notabene membutuhkan bandwidth yang cukup besar untuk bisa ditonton oleh seluruh pengguna internet di Indonesia yang pertumbuhannya banyak di push oleh pertumbuhan perangkat mobile dan gadget.

Nah jika pesan pak Anies ingin bisa sampai ke seluruh rakyat Indonesia, secara realistis saya yakin tidak akan bisa dicapai dengan cara merilis video tersebut “hanya” di YouTube namun di media yang cakupannya lebih luas, yaitu TV, ditambah dengan media-media konvensional lainnya. Ujung-ujungnya in the long run untuk bisa sukses kemungkinan pak Anies tetap harus menggunakan cara-cara yang dilakukan oleh Boko W Empuk pada videonya diatas tersebut, karena to be honest salah satu hal yang paling cepat dan mudah untuk menaikkan awareness jika si calon tidak memiliki problem pendanaan ya seperti itu. Toh ujung-ujungnya pesan-pesan pak Anies bisa diserap dengan baik jika awareness terhadap pak Anies bisa dibuat maksimal.

Lihat apa yang dilakukan oleh brand Apple untuk produknya dalam video di bawah ini:

By the way, kok eksekusi videonya pak Anies itu mirip ya dengan video komersial Mac vs PC di atas ini?….mmmm

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s