[Jelang2014] Jangan Golput Ya?


Tahukah Anda?

Pada tahun 2009 jumlah Golput tercatat 49.677.776 atau 29,1 persen, mengalahkan jumlah suara Partai Demokrat sebagai pemenang Pemilu yang hanya memperoleh 21.703.137 atau 20,85 persen dari total jumlah pemilih yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT)

Sumber: http://www.kompas.com

Iklan

3 pemikiran pada “[Jelang2014] Jangan Golput Ya?

  1. kalau mengikuti berita terakhir, masyarakat yang golput bisa di kategorikan sebagai tindakan kriminal.
    di sini kalau kita kaji lagi, menurut UUD’45 memilih dan di pilih adalah hak sebagai warga negara. golput atau tidak berati adalah HAK bagi setiap warga negara. (hak sifatnya optional)
    kalau saya, sudah pasti golput di pilpres nanti kalau saja tidak ada calon yang kompeten.
    presiden dan wakil presiden yang ideal menurut saya adalah mereka yang mengerti ekonomi makro, tata negara yang baik, tata kota, yang pasti harus lulusan kuliah teknik (sudah terbukti dengan adanya Jokowi dan Ridwan Kamil, lulusan teknik), mengerti tentang sejarah bangsa dan ideologinya (sampai sekarang masih banyak aparat negara yang tidak tahu dan tidak menjalankan asas Pancasila dari sila ke 1 sampai 5).
    kalau syarat tersebut ada di salah satu calon presiden, saya pasti tidak akan golput

    Suka

    • Setuju……tapi perlu diingat bahwa menjadi golput artinya melepaskan hak pilih kita ke orang2 yg belum tentu kompeten atau bahkan lebih jauh memberikan kesempatan bagi pihak2 utk memainkan nasib bangsa ini seenak udel mereka. Para golputers mungkin bisa bilang “ya kita kan gak milih mereka?” Tp tindakan tdk memilih siapa2 pun sebenarnya adalah sikap yg mereka pilih yaitu bersikap “pasrah”. Ilustrasi yg diberikan Kompas tsb adalah salah terpilihnya SBY utk kedua kalinya itu disebabkan oleh besarnya jumlah Golputers, yg membuat Partai Demokrat bisa tetap bercokol. Ketidak pedulian kaum golput ikut berperan besar….

      Suka

  2. Ping balik: Jokowi Jadi Capres, Pecah Telor Politik Indonesia | BangwinDotNet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s