Membantu Pendidikan Anak Bangsa dengan Portal Donasi Give2Education


Kita semua tahu bahwa problem pendidikan di Indonesia adalah problem yang cukup ruwet. Well to be honest sebetulnya gak rumit-rumit amat sih, tapi seperti halnya banyak kasus yang menyangkut kepentingan maka jadinya rasanya kok jadi ruwet. Hahaha…maaf jadi curhat….ok pada tulisan kali ini saya tidak akan menyoroti keruwetan yang terjadi pada dunia pendidikan kita namun lebih melihat bagaimana sebetulnya setiap orang dari kita bisa ikutan membantu mencerdaskan bangsa. Bagaimana caranya? Salah satunya yang ingin saya share di tulisan ini.

Pagi ini saya menghadiri undangan launching dari sebuah layanan baru dari Putera Sampoerna Foundation. Waduh…itu bukannya perusahaan yang menjalankan social business? Betul dan salah satu dari social business yang mereka lakukan pilarnya bermuara pada pendidikan. Layanan baru tersebut namanya Portal Donasi Give2Education, sebuah portal online yang memungkinkan siapapun untuk bisa menyokong pendidikan bagi anak bangsa dengan cara berdonasi.

Ok sebelum lebih jauh saya ingin memberikan sedikit background mengapa generasi muda kita perlu dibantu dalam hal pendidikan. Begini….di Indonesia, setap tahunnya terdapat 1,8 juta remaja yang tidak mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Padahal kita semua tahu bahwa pendidikan tinggi merupakan bagian penting dari persiapan sumber daya manusia menuju tantangan yang paling dekat saat ini yaitu ASEAN Community 2015. Suka atau tidak suka pada saat itu masyarakat Indonesia harus mempersiapkan sumber daya manusia yang lebih berkualitas, siap bersaing dengan global dan ujung-ujungnya ya mampu membawa perubahan positif di masa depan nanti.

Pada acara launching tadi pagi, dua narasumber yang diundang oleh teman-teman PSF cukup membuka mata para hadirin. Mas Iwan Setyawan (pengarang buku 9 Summers & 10 Autumns) bercerita betapa pentingnya pendidikan sudah ditanamkan pada dirinya oleh sang Ibu walaupun Ibunya diakui sendiri oleh mas Iwan bukanlah seorang Ibu yang berpendidikan cukup. Sang Ibu dikatakan oleh mas Iwan berprinsip bahwa anak-anaknya haruslah punya pendidikan yang tinggi no matter what. Dengan sikap seperti ini setelah mas Iwan beranjak dewasa barulah ia menyadari bahwa betapa walaupun dengan pendidikan yang kurang sang Ibu memiliki pikiran yang tercerahkan, sehingga beliau bisa meliat secara jernih.

Narasumber berikutnya yang ikut berbagi adalah Pandji Pragiwaksono yang juga bercerita tentang bagaimana ia mendapatkan gambaran perjuangan orang tuanya dalam memastikan anak-anaknya agar bisa sekolah dengan baik dan benar. Pengalamannya tersebut juga yang membuat ia begitu menghargai pendidikan dan berpendapat bahwa sangat penting membekali anak-anak kita dengan pendidikan yang baik.

Selain dua narasumber diatas, pada acara launching Give2Education ini hadir pula ibu Nenny Soemawinata, Managing Director Putera Sampoerna Foundation (PSF). Dalam sambutannya ibu Nenny menyampaikan bahwa hingga akhir tahun 2013, terdapat lebih dari 100 juta orang di Indonesia yang menggunakan internet secara aktif. Melihat hal ini, PSF ikut berupaya memberikan wadah bagi masyarakat untuk ikut berbagi semangat kebaikan dengan cara yang cepat, aman dan mudah melalui Portal Donasi Give2Education. Portal Donasi ini merupakan wujud dari penggunaan kemajuan teknologi secara positif, begitu yang disampaikan oleh ibu Nenny.

Setiap anggota masyarakat bisa menjadi donatur hanya dengan melakukan registrasi di website Give2Education. Setelah itu donasi dapat dilakukan kapan saja dengan menggunakan payment gateway dari Kartu Kredit Visa, Mastercard, JCB, BCA, Klikpay dan PayPal.

Donasi-donasi yang terkumpul nantinya akan diwujudkan dalam bentuk dana bantuan pendidikan, perlengkapan sekolah, dan fasilitas pendukung lingkungan pendidikan. Donasi tersebut akan disalurkan PSF ke siswa-siswi berprestasi yang berasal dari keluarga prasejahtera melalui Akademi Siswa Bangsa Internasional (ASBI).

“Melalui Give2Education dan ASBI, kami berharap dapat ikut membantu Indonesia untuk menjadi bangsa yang maju,” begitu kata ibu Nenny menutup sambutan beliau.

Dengan adanya Portal Donasi Give2Education ini maka makin mudahlah bagi kita semua untuk membantu anak-anak bangsa Indonesia untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

Foto: PSF

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s