Microsoft Office 365 Dengan Fitur Penyimpanan File di Cloud


Kita semua tahu bahwa hampir semua teknologi yang muncul itu dibuat untuk mempermudah hidup manusia. Jika kita ikuti perkembangannya dari mulai misalnya munculnya kalkulator yang membantu kita melakukan penghitungan yang rumit sampai dengan revolusi munculnya internet pada kehidupan kita. Semuanya punya tujuan yang sama yaitu mempermudah hidup kita. 

Salah satu teknologi yang membuat hidup kita jauh lebih ringan adalah teknologi penyimpanan data pada komputer yang bergeser dari yang dulunya “menempel” pada komputer, lalu keluar dan dihubungkan oleh kabel (external hard-drive). Kemudian berkembang ke wireless hard-drive, sampai perkembangan terakhir adalah munculnya teknologi Cloud yang memungkinkan kita menyimpan data dan file-file kita di penyimpanan yang tersebar dimana untuk mengaksesnya harus melewati jalur internet. Sehingga selama ada koneksi ke internet maka kita bisa mengunggah/mengunduh file-file kita dari mana saja. Sehingga kita tidak perlu lagi membawa external hard-drive kita yang berat kemana-kemana dengan banyak reskio yang mengikutinya.

Pada tanggal 15 April 2014, Microsoft Office merilis keluarga baru mereka yang dinamakan Office 365 Personal di Indonesia. Pertanyaan yang paling awam adalah varian macam apalagi Office 365 Personal ini. Ya kita sudah mengenal aplikasi Office dari Microsoft ini sudah lama sekali bahkan bisa dibilang jika kita kita bicara tentang bisnis dan sekolah sampai dengan urusan personal sekalipun kita menggunakan aplikasi Office. Nah Office 365 Personal adalah salah satu varian turunan dari keluarga Office 365 yang bisa digunakan oleh perorangan. Perbedaannya adalah pada seri Office 365 ini, pihak Microsoft menggabungkannya dengan teknologi Cloud untuk penyimpanannya. Kebetulan Microsoft sudah memiliki fasilitas penyimpanan data berbasis cloud yang namanya OneDrive.

Jadi bisa dibayangkan, jika Anda bekerja dengan sebuah file, let say PowerPoint, yang perlu Anda lakukan hanya menyimpannya pada OneDrive folder yang ada pada komputer lalu secara otomatis file yang disimpan tersebut akan tersinkronisasi/terbackup dengan penyimpanan induknya di cloud. Dan dimanapun Anda membuka aplikasi Office 365 maka Anda bisa membuka dan bekerja dengan file-file PowerPoint tersebut. Mudah bukan?

Apa yang terjadi jika menginstal paket Office 365 ini ke perangkat kerja kita (komputer maupun gadget)? Secara otomatis Anda akan mendapatkan aplikasi Office versi terakhir (dan akan terus terupdate), tambahan 20GB OneDrive cloud storage yang standarnya hanya 7GB (totalnya 27GB), 60 menit free Skype calling per bulan dari akun utama. Lumayan banget bukan? Selain itu pada seri Office 365 ini banyak tambahan-tambahan lainnya yang membuat aplikasi ini jauh lebih powerful dari yang kebanyakan kita bayangkan.

Microsoft bukanlah pemain pertama yang masuk ke ranah cloud storage dengan aplikasinya yang terintegrasi. Perusahaan lain yang sudah jalan lebih dahulu adalah Google dengan aplikasi Google Drive yang terintegrasi dengan Google Docs yang berusaha “meniru” aplikasi basic Office nya Microsoft yang hanya bisa bekerja berbasis web. Tentu saja kita semua lebih familiar dengan Office ketimbang Google Docs bukan? Oleh karena itu langkah Microsoft merilis aplikasi Office 365 ini adalah langkah yang tepat bagi para penggunanya dikarenakan aplikasi Office sudah jadi thought leader sejak berpuluh-puluh tahun lalu, sehingga shifting ke Office 365 jadi advantage yang cukup signifikan tanpa harus membebani penggunanya untuk belajar lagi atau bahkan dealing dengan ketidak samaan format file.

Yak betul Office 365 ini aplikasi berbayar namun saya pikir dengan harga yang cukup bisa dijangkau ya. Harga berlangganan paket Office 365 Personal ( untuk 1 PC + 1 Tablet) adalah sebesar Rp.539.999,- per tahun atau Rp.53.999,- per bulan. Dan dengan harga tersebut Anda tidak perlu kuatir dengan keharusan membawa-bawa hard-drive kemana-mana dengan resiko hilang. Varian lainnya adalah Office 365 Home yang bisa digunakan pada 5 buah PC + 5 buah Tablet. Anda bisa mendapatkan Office 365 ini di Microsoft Store.

Oh iya satu lagi keuntungan dari penggunaan Office 365 yang jadi relevan untuk kebutuhan saat ini adalah, Office 365 ini bisa dipergunakan di Komputer (PC atau Mac), Smartphone dan Tablet berbasis IOS dan Android. Jadi Anda bisa akses file-file tersebut dari device apa saja dan dimana saja dengan Office 365 ini dengan aplikasi yang terinstal (bukan web-based) sehingga meminimalkan incompatibility akibat perbedaan platform yang ada.

Akhirnya Anda, saya dan kita semua kini bisa menikmati aplikasi yang dulunya dikenal cukup mahal dengan menggunakan Office 365 dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Coba versi trialnya dulu jika Anda ingin mencobanya di sini . Atau lihat perbandingan antar produk pilihannya di sini.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s