Kreativitas Itu Bisa Dilakukan Dimana Saja


Creative

Beberapa hari lalu saya ngobrol dengan salah satu teman saya yang kemudian curhat tentang pekerjaan yang belum dua bulan ia jalani. Teman saya itu punya background pendidikan seni dan desain (sama dengan saya) dan bertahun-tahun memang bekerja di industri kreatif dan lalu sedikit demi sedikit naik ke tingkat manajerial yang punya kecenderungan untuk berfikir kreatif serta lebih sedikit untuk on-hands melakukan pekerjaan kreatifnya. Sampai pada pekerjaan terakhir dimana industri yang ia masuki sedikit keluar dari industri kreatif yang ia jalankan sebelumnya, dan mulailah ia merasa bahwa tempat bekerjanya yang sekarang tidak memungkinkan ia berkreativitas dan akan membuat ia bosan dalam waktu dekat.

Benarkah kita hanya bisa menyalurkan kekreativitasan kita hanya ditempat-tempat tertentu seperti biro desain, advertising, marketing dan sejenisnya?

Sebelum terlalu jauh ada baiknya kita melihat kembali definisi umum dari kreativitas kali ya, yang kali ini saya coba ambil dari Wikipedia:

Creativity is a phenomenon whereby something new and valuable is created (such as an idea, a joke, an artistic or literary work, a painting or musical composition, a solution, an invention etc.)

Dari definisi tersebut sebetulnya sudah bisa dilihat bahwa kreativitas bisa muncul dihampir semua bidang. Kata-kata solution dan invention mewakili luasnya penerapan kreativitas itu sendiri.

Solusi (pemecahan masalah) adalah bentuk nyata sebuah kreativitas, dan kita tahu masalah itu tidak hanya muncul dibidang-bidang yang saya sebutkan diatas. Pengalaman saya bekerja di PR agency memberikan banyak contoh dimana kreativitas digunakan untuk menghasilkan strategi komunikasi yang diterapkan pada klien. Saya yakin teman-teman yang bekerja dibidang PR pasti bisa bercerita lebih banyak tentang pengalaman-pengalaman berkreativitas menyelesaikan task yang diberikan.

Waktu saya berprofesi sebagai desainer produk dulu pun kami dituntut tidak hanya berkutat di areal kosmetik atau style, tapi juga kami ditantang untuk menambahkan value lain selain hanya estetika. Dan lama kelamaan akhirnya memang kami bisa lepas dari ego kesenimanan kami dan menyadari bahwa desain yang berhasil itu adalah desain yang bisa diserap oleh pasar terlepas dari penilaian pendapat pribadi kita.

Bagaimana menurut Anda?

Iklan

Satu pemikiran pada “Kreativitas Itu Bisa Dilakukan Dimana Saja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s