Writer's block

Bagi seorang blogger pasti kita semua pernah masuk ke masa jenuh sehingga kita absen beberapa saat untuk membuat posting. Tanpa disadari absen nya kita dalam membuat posting akan ikut berkonstribusi yang secara akumulatif akan ikut berperan serta dalam membuat jarak antara blog/situs terhadap diri kita, sehingga lama-lama kita makin merasa resisten untuk kembali memposting sesuatu. Kondisi ini membuat kita jadi terasa susah untuk membuat posting. Apakah kalian pernah merasakan hal serupa?

Jim Connolly seorang blogger yang mengkhususkan diri membantu para small business owner, menulis sebuah tips yang menarik bagi para penulis/blogger yang merasakan kesulitan untuk menulis artikel, blog posts, newsletters atau tulisan-tulisan yang berkesinambungan.

Kalimat kuncinya adalah:

“Tulislah sebagaimana kita berbicara/bercerita pada orang lain”

Coba perhatikan, saat kita berbicara, orang-orang akan mengerti apa yang kita bicarakan (at least kita berusaha untuk itu). Mereka akan mendengarkan dan kita akan mencoba menjelaskan pada mereka.

Kita tidak pernah menemui permasalahan untuk itu sebagaimana permasalahan writer’s block yang dialami banyak penulis.

Jadi jangan perlakukan aktivitas menulis itu berbeda dengan aktivitas berbicara/bercerita. Tulislah seperti kita bicara. Semakin sering kita melakukannya, semakin baik juga kemampuan menulis kita.

Satu tantangan yang bisa kita dapati dengan pendekatan ini adalah kita jadi kehilangan alasan untuk tidak menulis lebih sering….:-) Which is good!

Photo: The Seven Valleys Writing Project