Ide atau Realisasi


Ideas

Mana yang Anda pilih? Memiliki ide segudang atau menjalankan satu ide dengan berkesinambungan dan sehat secara bisnis? Kalau pertanyaan tersebut diajukan pada saya, maka pilihan saya akan jatuh pada nomer dua.

Pertanyaan diatas sudah menghantui kepala saya sejak beberapa bulan terakhir ini karena munculnya beberapa pendapat dari beberapa orang yang bilang bahwa sebuah perusahaan butuh orang yang visioner dengan ide segudang. Saya tidak terlalu setuju dengan pendapat ini dengan argumentasi bahwa sebuah ide betapapun briliannya jika belum bisa dibuktikan dalam konteks bisnis maka tidak ada yang bisa dibanggakan lebih dari hanya sekedar ide itu sendiri.

Setiap ide akan tetap jadi hanya sekedar ide sebelum proven bisa survive di ranah bisnis. Pada ranah bisnis maka ide akan jadi hanya satu aspek dari aspek-aspek yang lain yang bisa membuat ide tersebut jadi sebuah bisnis yang baik. Jadi menggantungkan harapan hanya pada sebuah penilaian baik dan buruknya sebuah ide jadi konyol.

Aspek-aspek apa saja yang jadi penentu suksesnya sebuah bisnis selain ide? Saya yakin Anda semua bisa menjawab pertanyaan ini. Silahkan share pendapat Anda.

Foto: BPlans

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s