Peranan Penetapan Gol Dalam Bisnis


business goal

Pada awal-awal karirnya dimana ia masih hidup dalam kemiskinan, aktor dan komedian Jim Carrey menulis sebuah note di secarik kertas lalu menyimpannya dalam saku kemeja dan terus menyimpannya sampai ia tidak lagi membutuhkannya. Note tersebut berbunyi “Make a million dollars”.

Dari ceritanya Jim Carrey, kita berasumsi bahwa penetapan gol adalah langkah pertama untuk mencapainya. Kita berasumsi bahwa Jim Carrey berhasil meraih satu juta dollar karena ia menetapkannya dan menuliskannya. Kita menyangka bahwa cara tersebut memang ada walaupun jarang dan yang terpenting mudah dan tidak bikin stress, “tetapkan gol”.

Namun sebenarnya kita salah mengerti tentang penetapan gol tersebut.

Pertama, Anda sudah menetapkan sebuah gol walaupun Anda tidak pernah menuliskannya. Anda ingin mengawasi apa yang dimakan, Anda ingin lari sejauh 4,5 km dengan mudah, Anda ingin mulai mendekat diri lagi pada orang tua. Anda jarang memikirkan bahwa ini juga gol-gol yang mungkin tanpa sadar sudah Anda tetapkan. Sesekali hal-hal tersebut lewat dipikiran dan ketika terpikir Anda langsung fokus padanya. Jadi sebenarnya Anda sudah menetapkan gol.

Perlu kita ketahui juga bahwa nilai-nilai dari penetapan gol tersebut tidaklah datang hanya dari gol-gol tersebut. Nilai-nilai tersebut datang dari pemikiran yang lalu dilanjutkan pada perencanaan serta pengetahuan yang akan didapat nantinya. Tetapkan gol-gol Anda bersama-sama dengan yang lain dan Anda akan bisa sekalian belajar. Anda akan belajar tentang nilai-nilai mereka, dan belajar lebih dalam tentang mereka dan otomatis ikut membantu Anda jadi lebih baik setiap harinya.

Dalam bisnis, setiap hal akan terbukti secara terus menerus. Nilai dari sebuah perencanaan bisnis jarang muncul dari gol dan strategi. Gol dan strategi tersebut berubah dengan cepat di awal dan seringkali perencanaan bisnis itu jadi keliatan seperti, “Apa yang harus kita rencanakan sampai kita berubah pendapat?” Oleh karena itu tidak terlalu masalah jika kita tidak mengacuhkan rencana-rencana tersebut. Yang harus diperhatikan adalah apa yang akan terjadi setelah Anda membuat rencana tersebut

Tetapkan gol bukan karena berharap hal tersebut akan membantu Anda untuk meraihnya, namun tetapkan gol karena hal tersebut akan bisa mengajarkan Anda banyak hal.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s