Mengapa Anda Harus Tetap Menulis Blog Walaupun Yang Baca Tidak Banyak?


Blogging

Bila kita membahas tentang dunia blogging saat ini, hambatan yang muncul yang dirasakan para blogger saat ini adalah makin susahnya menarik orang untuk mengunjungi blog kita, dan makin hari ya makin sulit. Apakah Anda menulis blog untuk membangun personal brand ataupun business brand, jangan hiraukan hambatan-hambatan tersebut. Tetaplah menulis blog.Β  Ini beberapa alasan kenapa Anda harus tetap menulis blog:

Pengembangan Diri. Untuk menulis blog tentang sebuah subjek, Anda harus belajar tentang hal tersebut, bahkan mungkin sampai cukup dalam mempelajarinya. Membuat konten original membuat Anda lebih cerdas. Anda akan memperbaiki diri Anda pada setiap blog post yang Anda buat.

Memberikan Kejelasan. Menulis blog memaksa Anda untuk memberikan kejelasan tentang posisi Anda terhadap topik yang diangkat dan mengapa Anda berfikir seperti itu? Hal tersebut memperjelas pandangan Anda.

Meningkatkan Keahlian. Seberapa banyak pekerjaan yang didapat melalui blog Anda memberikan gambaran tersendiri bagaimana Anda berkomunikasi dan berfikir. Blogging itu keahlian yang berharga dan berdaya jual.

Pengingat Bagi Pelanggan. Blog Anda mengkomunikasikan sedikit demi sedikit pada pelanggan Anda yang nun jauh diluar sana tentang betapa spesialnya layanan atau produk yang Anda hasilkan.

Hubungan Masyarakat. Blog post, tidak seperti press release atau status update pada media sosial, memiliki kesempatan yang besar untuk pencapaian secara masif. Terutama pada layanan agregator dan cross-posting publishing platform.

Untuk Kepentingan Mesin Pencari (Search Engine). Mesin pencari (Search Engine) selalu mendahulukan situs-situs yang memiliki konten yang fresh (selalu baru) dan original. Riset menunjukkan bahwa website yang memiliki blog medapatkan 55% pengunjung lebih banyak dibandingkan dengan website yang tidak memiliki blog.

Koleksi Konten. Mengembangkan volume konten sebuah blog dapat memberikan banyak keuntungan seperti misalnya menjawab pertanyaan yang diterima, atau memberikan dasar bagi sebuah presentasi, speech atau pembuatan buku.

Tempat Mengembangkan Produk. Sebuah blog bisa menjadi lab R&D dimana Anda bisa mengikutsertakan pembeli/pelanggan/pengguna untuk ikut memecahkan masalah dan mengumpulkan ide untuk produk atau layanan baru.

Pencarian Tak Terbatas. Pembeli/pelanggan/pengguna bisa mendapatkan informasi tentang Anda lewat Google beberapa saat setelahΒ  Anda mempublish blog post Anda. Setelah itu konten Anda akan “bekerja” dari bulan ke bulan untuk Anda.

Angka vs Dampak. Anda mungkin saja hanya memiliki sedikit pembaca. Namun Anda bisa mengubah hidup salah satu dari mereka. Siapa yang bisa Anda sentuh dengan blog Anda? Tetaplah menulis blog!

Foto: GiveAGradGo

Iklan

86 pemikiran pada “Mengapa Anda Harus Tetap Menulis Blog Walaupun Yang Baca Tidak Banyak?

  1. Motivasi walaupun yang baca blog saya masih sedikit,”Anda mungkin saja hanya memiliki sedikit pembaca. Namun Anda bisa mengubah hidup salah satu dari mereka. Siapa yang bisa Anda sentuh dengan blog Anda? Tetaplah menulis blog!” Yeay!!!

    Disukai oleh 4 orang

  2. Buat saya yang penting adalah ‘sharing’ with other people, paling tidak itu adalah dorongan saya menulis blog. Bukan SEO. Dengan sharing lebih with other people, saya bisa mendapatkan banyak kenalan baru, mendapatkan feedback2 dari topik yang saya geluti. Dan memang semakin lama pembaca blog ‘kayak’nya semakin sedikit, tetapi dengan memanfaatkan email newsletter, jumlah pembaca bisa ditingkatkan πŸ™‚

    Disukai oleh 3 orang

  3. Kalau orang yang udah kecanduan ngeblog, katanya itu jadi terapi jiwa, disaat dia ingin mencurahkan pikiran, perasaan, dia akan lebih leluasa dan tercurahkan dengan ngeblog, ngga perduli, blognya ada yang baca atau tidak.
    saya juga ngeblog angot-angotan, kalau lagi mau nulis dan waktunya pas, ngga ada gangguan, ya nulis, tapi kalau lagi banyak gangguan, seringnya ketunda-tunda terus.

    Thanks sharingya ya Ben, selamat tahun baru, salam buat keluarga

    Disukai oleh 1 orang

  4. pengguna bisa mendapatkan informasi tentang Anda lewat Google beberapa saat setelah Anda mempublish blog post Anda. <— betul banget. apalagi kalo kita bikin postingan yg berguna buat orang lain, terasa banget.. postingan udah lama muncul di google pas mereka cari, lalu mereka merasa terbantu sama postingan kita. priceless ^_^

    Disukai oleh 2 orang

  5. Tulisan menarik Bang πŸ™‚

    Bagi saya.. menulis blog itu awalnya seperti menulis catatan harian, ditulis hanya untuk diri sendiri. Karena saya pikir namanya juga LOG, ya maka sekedar catatan aja πŸ˜€ Dari menulis di blog, saya punya kenangan bahwa saya pernah ini itu.

    Sampai akhirnya, saya berfikir akan sesuatu yang lebih penting Bang, yaitu.. menulis di blog itu bagaikan saya exercising cara berfikir saya. Karena kata orang jika ingin melatih cara berfikir yang lebih terstruktur, mulailah dengan menulis yang terstruktur. Menulis di blog memang saya gunakan sebagai proses latihan saya untuk berfikir lebih terstruktur. Secara saya kalo udah mikir kan random, liar, dan bisa melebar kemana-mana hahaha…

    Selain itu, saya makin giat menulis blog karena sebagai tempat untuk “mendokumentasikan” ide-ide saya, gagasan, atau konsep2 ngasal. Saya suka ber-ide2.. sulit rasanya nunggu orang datang ke sata lalu tanya: Motulz ada ide apa? πŸ˜€ Maka daripada sumpek di kepala, saya tulislah ide-ide atau pemikiran-pemikiran saya. Kelak, ketika ide atau gagasan saya direalisasikan oleh orang lain, saya tinggal bilang pada diri saya sendiri… see? kamu pernah punya ide seperti itu.

    Data, statistis, pengunjung, SEO, dst dst.. buat saya itu bonus πŸ™‚ ada atau tidak.. ya saya akan tetap menulis, guna kebutuhan saya sendiri. No reward no problem.. Tapi pada akhirnya gara2 saya menulis di blog saya malah dapat banyak tawaran kerjaan, kerjasama, dll.. ya jadi semacam bonus, atau kado menang undian πŸ˜€ which is itu lebih fun…

    Setuju dengan Bangwin… keep writing!

    Disukai oleh 2 orang

    • Keren kang Motulz…..thanks untuk tambahan inputnya ya. Satu lagi, pada saat ini blogging platform tidak hanya buat nulis, dan esensi dari blogging pun tidak melulu teks kan ya, sehingga eksplorasi terhadap konten juga bisa lebih beragam πŸ™‚

      Suka

  6. kalo saya nulis utamanya buat diri sendiri. mencatat inspirasi yang diambil dr orang lain, mengingat masa2 ups and downs, dsb.

    kemudian saya nemu seperti yg Mas Denny bilang, tujuan lainnya dr nulis adalah buat sharing.

    Writing blog has been changing my life, makanya saya akan terus nulis πŸ™‚

    Disukai oleh 2 orang

  7. Salam kenal Bangwin, Saya tidak bisa tidak setuju dengan pendapat anda. Saya tidak pernah mempedulikan apakah blog saya dibaca atau tidak. Bagi saya, blog saya adalah untuk berbagi pengetahuan dan wawasan yang saya miliki khususnya pada dunia yang saya geluti yakni Corporate Communication dan Good Corporate Governance.
    Menulis blog memaksa kita untuk mengupdate pengetahuan yang kita miliki, bahkan termasuk kepada cara berpikir dan cara kita menganalisa. Tak jarang, melalui komentar para pembaca blog saya, saya bisa berdiskusi dan mendapatkan pengetahuan yang berlipat-lipat. Terimakasih untuk sharenya yang memotivasi ini.

    Disukai oleh 2 orang

  8. Reblogged this on Family Nutrition and commented:
    Tulislah apa yang dirasa bisa bantu diri sendiri dan orang lain..
    Itulah salah satu alasan kami terjun ke dunia blogger. Appaun tujuan Anda dalam blogging, ingatlah selalu visi itu.. Jadi.. Jika suatu saat lagi drop atau males ngeblog, refresh kembali niatan awal, insha allah kita akan kembali bersemangat untuk berbagi lewat media elektronik… Keep writing and sharing guys!
    Biar hidup lebih Hidup!
    πŸ˜€

    Disukai oleh 2 orang

  9. For me, Blogging is a way to share what we feel, we know, we think about something and wanna share with other people..
    Thanks for sharing, Mr. Win…
    This article giving another perpective about blogging…
    I have reblogged this article to myown blog without permission.. Sorry and thanks a lot
    πŸ˜€

    Disukai oleh 1 orang

  10. Salam kenal….
    Suka banget dengan paragraf terakhir, tentang angka vs dampak. Suatu ketika ada seseorang yg berterimakasih atas tulisan saya, kemudian dia ingin berubah untuk menjadi lebih baik, rasanya sesuatu banget. Jadi semangat utk terus menulis…

    Disukai oleh 1 orang

  11. Nice post. Terima kasih inspirasinya. Kadang2 memang suka ciut kalau kepikiran blog kita gak ada pengunjung. Tapi syukurlah bahkan dulu saat blog hanya sekadar tempat berekspresi & curhat yg sepi, saya tak pernah benar2 meninggalkannya :).

    Disukai oleh 2 orang

  12. Betul bang Win , haha lihat realita banyak blogger – blogger baru yang asal nulis asal kunjungan banyak .. alhasil konten numpang lewat dan bterkesal asal – asalan .. kembali ke diri kita masing2 apa sih tujuan ngeblog buat kita .. πŸ™‚ salam kenal smua ya ..

    Disukai oleh 2 orang

    • ’emang tulisan saya ada gunanya ya?’ <- You'll never know mas….:-) Penulis memang cenderung tidak percaya diri pada tulisannya sendiri sampai satu saat ada yang meninggalkan pesan terima kasih dalam komen. Thanks ya sudah mampir πŸ™‚

      Disukai oleh 1 orang

  13. Ping balik: Berbagi Soal Crowdfunding #WCSBG #WCSJKT #MySpark | Artanto Ishaam

  14. Ping balik: Perspektif Blog Award 2015 – Top 10 Artikel 2015 | Perspektif

  15. “Anda mungkin saja hanya memiliki sedikit pembaca. Namun Anda bisa mengubah hidup salah satu dari mereka. Siapa yang bisa Anda sentuh dengan blog Anda? Tetaplah menulis blog!” … Yap, terus menulis karena salah satunya andil untuk bisa berbagi dan menjadi salah satu altenatif solusi bagi mereka yang saat ini mungkin saja sedang memerlukannya, NIce Sharing Pak πŸ™‚

    Disukai oleh 2 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s