Bila kita membahas tentang dunia blogging saat ini, hambatan yang muncul yang dirasakan para blogger saat ini adalah makin susahnya menarik orang untuk mengunjungi blog kita, dan makin hari ya makin sulit. Apakah Anda menulis blog untuk membangun personal brand ataupun business brand, jangan hiraukan hambatan-hambatan tersebut. Tetaplah menulis blog.  Ini beberapa alasan kenapa Anda harus tetap menulis blog:

Pengembangan Diri. Untuk menulis blog tentang sebuah subjek, Anda harus belajar tentang hal tersebut, bahkan mungkin sampai cukup dalam mempelajarinya. Membuat konten original membuat Anda lebih cerdas. Anda akan memperbaiki diri Anda pada setiap blog post yang Anda buat.

Memberikan Kejelasan. Menulis blog memaksa Anda untuk memberikan kejelasan tentang posisi Anda terhadap topik yang diangkat dan mengapa Anda berfikir seperti itu? Hal tersebut memperjelas pandangan Anda.

Meningkatkan Keahlian. Seberapa banyak pekerjaan yang didapat melalui blog Anda memberikan gambaran tersendiri bagaimana Anda berkomunikasi dan berfikir. Blogging itu keahlian yang berharga dan berdaya jual.

Pengingat Bagi Pelanggan. Blog Anda mengkomunikasikan sedikit demi sedikit pada pelanggan Anda yang nun jauh diluar sana tentang betapa spesialnya layanan atau produk yang Anda hasilkan.

Hubungan Masyarakat. Blog post, tidak seperti press release atau status update pada media sosial, memiliki kesempatan yang besar untuk pencapaian secara masif. Terutama pada layanan agregator dan cross-posting publishing platform.

Untuk Kepentingan Mesin Pencari (Search Engine). Mesin pencari (Search Engine) selalu mendahulukan situs-situs yang memiliki konten yang fresh (selalu baru) dan original. Riset menunjukkan bahwa website yang memiliki blog medapatkan 55% pengunjung lebih banyak dibandingkan dengan website yang tidak memiliki blog.

Koleksi Konten. Mengembangkan volume konten sebuah blog dapat memberikan banyak keuntungan seperti misalnya menjawab pertanyaan yang diterima, atau memberikan dasar bagi sebuah presentasi, speech atau pembuatan buku.

Tempat Mengembangkan Produk. Sebuah blog bisa menjadi lab R&D dimana Anda bisa mengikutsertakan pembeli/pelanggan/pengguna untuk ikut memecahkan masalah dan mengumpulkan ide untuk produk atau layanan baru.

Pencarian Tak Terbatas. Pembeli/pelanggan/pengguna bisa mendapatkan informasi tentang Anda lewat Google beberapa saat setelah  Anda mempublish blog post Anda. Setelah itu konten Anda akan “bekerja” dari bulan ke bulan untuk Anda.

Angka vs Dampak. Anda mungkin saja hanya memiliki sedikit pembaca. Namun Anda bisa mengubah hidup salah satu dari mereka. Siapa yang bisa Anda sentuh dengan blog Anda? Tetaplah menulis blog!