Bagaimana Sebuah Brand Bisa Mendapatkan Keuntungan Dari Twit-Twit Yang Diindeks Oleh Google


Twitter Google

Pada bulan Februari 2015, Google dan Twitter sepakat untuk menampilkan lebih banyak posting di Twitter (twit) pada hasil pencarian Google Search dengan melalui akses langsung ke social feed nya Twitter. Kesepakatan ini memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak dengan meningkatnya eksposur, dan juga meningkatkan potensi untuk mendapatkan pendapatan iklan yang lebih besar.

Ok, lalu pertanyaan yang muncul kemudian adalah apa artinya untuk bisnis? Penting bagi kita semua untuk mengerti bagaimana perubahan yang terjadi ini akan mempengaruhi brand atau perusahaan Anda serta dunia digital disekitarnya sehingga Anda bisa beradaptasi dan juga meningkatkan eksposur brand Anda.

Bagaimana cara Google mengindeks twits pada saat ini

Pada saat ini Google mengindeks twits, hestek yang jadi trending (trending topics) dan Twitter pages. Walau bagaimanapun juga konten yang diproduksi di dunia Twitter (Twitterverse) berlangsung dengan begitu cepatnya sehingga mustahil bagi Google untuk melacak (crawl) dan mengindeksnya secara manual seperti pada website-website lainnya. Cara baru yang membuat Google bisa mengakses secara langsung arus Twitter tersebut mengurangi resources yang dibutuhkan secara signifikan untuk bisa segera mengidentifikasi dan mengindeks konten.

Pada saat ini, proses pelacakan Twitter secara manual untuk twit-twit penting, Twitter pages yang berpengaruh dan trending topics bisa mencapai sebesar tujuh persen dari keseluruhan twits yang muncul pada hasil pencarian. Banyaknya follower merupakan faktor yang berpengaruh pada proses pengindeksan twit. Profil dengan follower lebih dari satu juta akan bisa terlihat sebanyak lima kali kemungkinannya untuk terindeks dibandingkan dengan yang memiliki kurang dari 10.000 followers. Sebagai tambahan, twit-twit lama dan twit-twit yang berisikan tidak hanya teks lebih bisa menghasilkan eksposur yang tinggi pada hasil pencarian.

Perubahan yang terjadi

Mengerti dan memahami perubahan yang terjadi adalah sangat penting bagi perusahaan dan brand. Memahami perubahan yang terjadi membuat Anda bisa terhindar dari kegagalan dalam perencanaan.

Pada Twitter:

  • Meningkatkan relevansi. Dengan mengikutkan lebih banyak konten pada hasil pencarian, Twitter bisa memperlebar relevansi dan eksposur pada Google melalui konten real-time yang ditempelkan pada hasil pencarian.
  • Meningkatkan pengguna baru. Sejak tahun 2013 Twitter setengah mati berusaha untuk menaikkan jumlah pengguna baru mereka. Dengan kerjasama ini diharapkan bisa membantu menaikkan jumlah pengguna baru. Saat twit-twit muncul pada hasil pencarian maka orang-orang yang ingin melihat akan digiring untuk sign up/login dengan harapan akuisisi pegguna baru akan meningkat.
  • Pendapatan dari iklan diharapkan meningkat. Halaman login/sign up akan dipasangi iklan yang diarahkan pada target pengguna yang betujuan untuk menaikan pendapatan. Banyak yang mengkhawatirkan hal ini justru membatasi waktu penggunaan pada news feed nya Twitter, dimana sebagian besar pendapatan dihasilkan.

Pada Google:

  • Real-time. Dengan akses langsung ke konten Twitter yang bergerak cepat, Google kini bisa mengikutsertakan lebih banyak konten dengan fokus ke waktu serta juga memberikan nilai tambah dalam pencarian.
  • Kredibilitas. Google perlu melakukan proses untuk memastikan validitas dari konten-konten yang didapat dari Twitter agar hasil pencariannya tetap kredibel.
  • Pendapatan dari iklan diharapkan meningkat. Google berharap bisa mendorong naik pendapatan dari iklan dengan kerjasama barunya ini dengan memanfaatkan konten-konten yang berfokus pada waktu untuk bisa memproduksi lebih banyak lagi iklan yang relevan.

Bagaimana meningkatkan visibilitas dari sebuah brand

Untuk bisa mendapatkan manfaat yang optimal dari hasil kerjasama kedua raksasa ini, brand yang Anda kelola perlu menganalisa dan mengganti strategi untuk pembuatan konten dan juga untuk paid media. Mulailah dari menggunakan waktu lebih banyak pada Twitter untuk mengembangkan keberadaan brand Anda melalui konten, komunitas dan pengembangan brand itu sendiri. Angkatlah konten pada twit-twit Anda lebih sering lewat konten yang baik, gambar-gambar yang memiliki impact tinggi, hestek-hestek yang relevan, links, dan mentions. Yang terakhir, kembangkan kampanye dengan Twitter Ads yang bisa mendorong opsi relevansi dan visibilitas dari perubahan yang terjadi.

Iklan

2 pemikiran pada “Bagaimana Sebuah Brand Bisa Mendapatkan Keuntungan Dari Twit-Twit Yang Diindeks Oleh Google

  1. Kadang mencari info lewat google dengan mengetik; *nama brand* *keyword berita* twitter, bisa menampilkan info yg kita cari tentang brand tsb, semisal orang mention akun brand bertanay ttg sesuatu. 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s