Menjual Barang Tanpa Repot


Classified Ads

Saya yakin bahwa banyak dari kita pernah menghadapi situasi dimana kita harus merelakan pergi  barang-barang kita karena keterbatasan ruangan atau justru sesederhana ingin menukar dengan barang yang lebih baru dan sesuai. Masalah baru terpikir saat tindakan harus diambil namun tidak semudah yang kita bayangkan, yaitu sulit untuk menjualnya (karena membuang hanya untuk barang yang tidak bisa lagi digunakan). Yuk kita bahas bersama.

Masalah yang mendasar: Menjual

Menjual barang-barang yang tidak kita butuhkan lagi tidaklah semudah yang kita pikirkan. Menitip jualkan ke toko-toko pun belum bisa dipastikan akan berhasil, belum lagi jika toko-toko tersebutlah yang tidak tertarik untuk menjualkannya (dengan alasan keuntungan yang bisa didapat terlalu kecil). Salah satu sarana yang sering dilakukan oleh orang-orang yang tinggal di negara barat adalah membuat garage sale, permasalahannya garage sale itu baru efektif jika barang yang hendak dijual jumlahnya banyak dan dalam waktu yang bersamaan. Jika barang yang hendak dijual munculnya satu per satu ya tidak bisa dilakukan dengan garage sale tentunya.

Intinya untuk kepentingan peer-to-peer akan sulit untuk menjual barang dengan cepat dan efisien (menguntungkan atau tidak ini wilayah yang harus atur oleh si penjual tentunya).

Menjual secara online

Ya dijaman sekarang tentunya menjual online bisa jadi solusi. Bermodal foto, lalu disebar kemana-mana, problemnya hanya satu yaitu buat yang jarang jualan dan belum punya reputasi jualan, calon pembeli akan sedikit enggan karena ya tahu sendiri banyak kasus yang membuat transaksi tidak berjalan mulus dan bahkan cenderung merugikan salah satu pihak. Sehingga untuk memuluskan proses transaksi, sangat perlu yang namanya dikenal dengan nama baik di dunia jual-beli di online. Oleh karena itu yang berpendapat jual barang secara online itu lebih gampang, coba deh jangan terlalu naif, karena yang gampang itu mendisplaynya saja, membuat barang yang ingin kita jual jadi terjual ya itu lain masalah.

Kenapa harus repot?

Jika Anda tahu yang namanya classified ads, pertanyaan di atas jadi relevan. Ya kenapa harus repot kalau ada yang namanya classified ads atau mungkin lebih dikenal dengan nama Iklan Baris. Ya iklan baris yang sering Anda lihat di koran-koran, namun yang sekarang sedang naik daun dan sangat membantu penjual-penjual barang musiman seperti saya dan juga mungkin juga Anda adalah yang dikenal dengan sebutan online classified ads, iklan baris yang ada di online, berbentuk website, dimana setiap orang bisa mencari barang dan menjual barang dengan langsung mengunjungi situs-situs mereka.

Menjual melalui online classified ads itu semudah apa yang kita pikirkan tentang kemudahan menggunakan jalur online. Sesederhana mengunggah foto, memberi keterangan dan harga, kontak dan menunggu pembeli plus. Tidak itu saja, namun jejaring yang terbentuk karena jumlah kunjungan dan ekspos yang dilakukan oleh pengelola online classified ads juga akan membantu para penjual barang jadi tidak perlu kuatir barang jualan mereka tidak dilihat oleh calon pembeli. Dengan kata lain reputasi si pengelola akan jadi benefit bagi para penjual barang.

Sewaktu saya tinggal di US dulu, saya sangat mengandalkan situs Craigslist yang merupakan situs online classified ads terkenal di sana. Di Indonesia saya menggunakan OLX yang dulunya dikenal dengan TokoBagus yang kebetulan baru saja mengakuisi situs layanan online classified ads lainnya yang bernama Berniaga.com. Sehingga bisa dibayangkan penambahan luas coveragenya kan. Mungkin Anda punya preferensi lain ya silahkan namun saya sarankan bandingkan dulu dengan layanan-layanan serupa sebelum memilih layanan online classified ads ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s