Apa Itu Content Marketing?


Content

Sudah bukan rahasia bahwa pemasaran tradisional itu sudah tidak efektif lagi. Iklan di TV tinggal di skip oleh penonton, begitu juga kejadian yang sama di majalah dan bahkan pengguna internet semakin mahir dalam mendapatkan informasi di online tanpa harus mengurusi banners ataupun jebakan-jebakan link-link dan button-button.

Pemasar yang pandai pasti mengerti bahwa pemasaran tradisional itu sudah tidak efektif lagi, dan harus segera ditemukan cara yang lebih baik. Dan saat ini muncullah apa yang disebut dengan content marketing.

Tapi apakah sudah banyak yang tahu apa itu content marketing?

Content marketing adalah pendekatan strategi pemasaran yang difokuskan pada pembuatan dan pendistribusian konten yang bernilai, relevan dan konsisten agar bisa menarik dan mempertahankan audiens yang sudah ditetapkan secara jelas, dan secara keseluruhan untuk mendorong tindakan pelanggan yang bisa menghasilkan keuntungan.

Penggunaan strategi content marketing itu memiliki tujuan untuk menarik dan mempertahankan pelanggan dengan cara konsisten membuat, dan mengurasi konten-konten bernilai dan relevan dengan maksud mengubah atau memperbaiki perilaku konsumen. Ini adalah proses yang berkelanjutan yang terbaik diintegrasikan ke dalam strategi pemasaran Anda secara keseluruhan, dan berfokus pada memiliki media bukan menyewa media.

Pada dasarnya content marketing adalah sebuah seni berkomunikasi dengan pelanggan ataupun calon pelanggan tanpa harus menjual. Ketimbang harus menawarkan produk atau jasa, Anda bisa menyampaikan informasi yang membuat pembeli merasa lebih cerdas. Esensi dari strategi konten yang dilakukan adalah keyakinan bahwa jika kita, sebagai pemilik bisnis menyampaikan informasi secara konsisten dan bernilai untuk para pembeli, maka mereka akan memberikan imbal balik dengan bisnis mereka dan juga kesetiaan (loyalty).

Content marketing sudah dipergunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang memiliki bagian pemasaran yang terhebat di dunia, termasuk misalnya P&G, Microsoft serta juga Cisco Systems. Bukan itu saja perusahaan-perusahaan dalam skala UKM dan juga perseorangan juga ikut mengembangkan dan melakukan content marketing di seluruh dunia.

Konten adalah hari ini dan masa depan dari pemasaran

Coba Anda baca kembali definisi dari content marketing sekali lagi, namun kali ini hapuskan kata-kata “relevan” dan “bernilai” maka Anda akan bisa mendapatkan perbedaan antara content marketing dengan informasi-informasi sampah yang Anda dapatkan dari perusahaan-perusahaan yang berusaha menjual “sesuatu” pada Anda. Seringkali perusahaan-perusahaan mengirimkan informasi pada kita, hanya saja hampir semuanya tidak memiliki relevansi ataupun nilai (saya menyebutnya dengan spam, bagaimana dengan Anda?). Itu yang menyebabkan content marketing begitu menarik saat ini ditengah-tengah ribuan pesan pemasaran per orang per hari. Content marketing yang baik akan membuat seseorang akan berhenti, membaca, berfikir, berperilaku, dengan berbeda.

Para thought leaders dan ahli pemasaran dari seluruh dunia, termasuk Seth Godin serta ratusan lainnya telah menyimpulkan bahwa content marketing bukanlah hanya masa depan, namun juga hari ini. Mari kita simak video tentang sejarah dari content marketing ini:

Pemasaran itu mustahil untuk dilakukan tanpa konten yang baik

Terlepas dari jenis taktik pemasaran yang Anda gunakan, content marketing harus menjadi bagian dari sebuah proses, bukan malah terpisah. Konten yang berkualitas adalah bagian dari semua bentuk pemasaran:

  • Social media marketing: Strategi content marketing harus ada sebelum strategi social media
  • Search Engine Optimization (SEO): Mesin pencari akan memanjakan sebuah bisnis yang menerbitkan konten yang berkualitas dan konsisten.
  • Public Relation (Humas): Strategi PR yang sukses adalah mengangkat permasalahan yang dipedulikan oleh para pembaca, bukan tentang bisnis mereka.
  • Pay-Per-Click (PPC): Agar PPC bisa bekerja, Anda membutuhkan konten yang bagus dibelakangnya.
  • Inbound Marketing: Konten adalah kunci untuk mendorong inbound traffic dan leads.
  • Content strategy: Strategi konten itu adalah bagian dari strategi content marketing.

Menurut Roper Public Affairs, 80% dari pembuat keputusan lebih memilih untuk mendapatkan informasi tentang perusahaan dari rangkaian artikel ketimbang dari iklan. 70% menyebutkan content marketing membuat mereka lebih dekat pada keputusan untuk mensponsori sebuah perusahaan, sementara itu 60% mengatakan bahwa konten tentang perusahaan membantu mereka untuk memutuskan dengan lebih baik.

Itulah sekilas tulisan mengenai content marketing yang saya ambil dari berbagai sumber dan diramu kembali menjadi sebuah blogpost. Mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Iklan

18 pemikiran pada “Apa Itu Content Marketing?

  1. Ping balik: 5 Kesalahan Umum Content Marketing Yang Bisa Dihindari | bangwin.net

  2. Ping balik: 6 Cara Membuat Konten Anda Menyebar Seperti Api di Social Media | bangwin.net

  3. Ping balik: 6 MITOS CONTENT MARKETING - Cikgu Pemasaran

  4. Haloo salam kenal bang. Nama saya Sumi. Saat ini saya sedang mengerjakan tesis mengenai konten marketing halaman iklan Klasika koran Kompas. Mau sharing2 mas, butuh pengetahuan lebih lanjut tentang konten marketing. Boleh minta nomor kontak dan alamat surel kah?

    Terima kasih,
    Salam, Sumi

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s