4 Cara Memonitor Campaign Media Sosial Anda Dengan Gratis


Innocent Campaign

Saya pikir Anda pasti tahu dan mengerti bahwa mengawasi berkembangnya sebuah campaign dari waktu ke waktu adalah bagian yang terpenting dari tugas seorang manajer media sosial (maaf ya saya menggunakan kata aslinya campaign, ketimbang kampanye karena alasan takut mislead saja). Apakah campaignnya sukses? Apakah orang-orang merespon sesuai dengan yang kita perkirakan? Apakah komunitasnya memerlukan lebih banyak dukungan atau masukkan?

Ada banyak perusahaan yang menawarkan tools atau layanan yang bisa membantu memonitor campaign Anda seperti Radian6, Hubspot dan sebagainya. Bahkan Hootsuite pun memiliki fitur baru yang memungkinkan Anda untuk membangun dan mentrack campaign, yang mereka sebut dengan Hootsuite Campaigns . Semua tools/layanan yang saya singgung di atas itu berbayar dan tidak murah. Tapi tidak perlu kuatir, karena masih ada beberapa opsi cara mengawasi campaign-campaign Anda secara real-time atau hampir real-time. Tool-tool ini bergantung sedikit banyak pada apa yang ingin Anda ukur.

Pada semua contoh, saya menggunakan Twitter, namun semua tools tersebut bisa mengukur platform-platform lain juga.

Bitly

Bitly adalah layanan memperpendek link yang sudah sangat terkenal dengan fungsi analitik yang sangat mudah dioperasionalkan. Setelah Anda membuat akun baru (sebetulnya tidak perlu juga sih tapi Anda bisa mengakses lebih banyak data jika Anda menlakukannya, dan lagi gratis), Anda bisa menuliskan link yang ingin Anda perpendek, klik tombol pemendek lalu link yang sudah diperpendek siap digunakan. Semudah itu.

Layanan statistiknya terupdate secara real-time, jadi jika link Anda diklik seseorang maka, orang tersebut (jika memungkinkan), info geografis dan situs referensinya akan tersimpan. Anda bisa melihat semua link-link yang tersimpan atau Anda bisa juga melihat bagaimana semua link yang tersimpan itu bersikap sebagai satu grup. Saya pikir ini adalah sebuah cara yang sangat-sangat sederhana untuk memonitor sebuah campaign, namun cara ini cukup handal untuk memeriksa dengan cepat performa link-link Anda.

bitly

Tips: Jika Anda ingin melihat bagaimana link Bitly bekerja, copy-paste link Bitly ke address bar lalu tambahkan ‘+’ dibelakangnya.

UTM Parameters dan Google Analytics

Untuk Anda yang ingin mendapatkan sedikit lebih banyak informasi tentang klik pada link, saya menyarankan untuk melihat UTM Parameters dan Google Analytics. Google Analytics adalah alat yang sangat powerful dan tidak banyak orang tahu memanfaatkannya dengan baik sehingga banyak yang menelantarkannya. Banyak juga yang tanpa disadari webnya sudah dipasangi Google Analytics ini saat membangun website.

Pada saat Anda sudah punya akun Google Analytics, Anda bisa mulai mengeksplor fitur Campaigns yang mereka miliki.

Google Analytics Campaigns mendorong Anda untuk menambahkan metadata yang disebut ‘UTM Paramaters’ pada setiap link Anda. Penambahan ini bisa dilakukan dengan mudah dengan menggunakan tools seperti Google’s URL Builder yang membuatkan link untuk Anda setelah mengisikan metadata yang ingin Anda simpan didalamnya. Segera setelah link tersebut jadi, Anda bisa memperpendek link tersebut menggunakan layanan memperpendek link apapun (Google juga punya tapi Anda masih tetap bisa menggunakan Bitly jika diinginkan) dan mulai mempromosikannya.

Google URL Builder

Nah selanjutnya bakalan agak tricky, yaitu begitu link tersebut sudah digunakan, Anda bisa menggunakan akun Google Analytics untuk bisa melihat seberapa banyak link-link tersebut diklik. Pada tab Campaigns di akun Google Analytics, Anda bisa mulai menyortir berdasarkan metadata yang diterapkan pada link-link Anda.

Bagaimana membuat semua ini bisa jadi berguna? Jika Anda punya sebuah konten yang dipromosikan di berbagai tempat, Anda bisa menggunakan metadata untuk membedakan dan membandingkan traffic yang datang dari Twitter vs LinkedIn vs Forum Anda misalnya. Ditambah, ketika ada didalam sistem, Anda bisa memanfaatkan kekuatan penuh dari Google Analytics dan melacak bagaimana orang-orang menjelajahi situs Anda meninggalkan jejak page views, lamanya tinggal di situs, dan lain sebagainya. Akun Google Analytics yang di implementasikan dengan proper akan dapat menghasilkan data yang banyak.

SocialMention

Tidak seperti tools lainnya yang ada di posting saya ini, SocialMention tidak membutuhkan Anda untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu atau menghubungkan akun media sosial. Ketika semua layanan bisa memberikan insight dari sebuah akun (followers, following, mentions, dan sebagainya), SocialMention khusus dibuat untuk mengukur kata kunci (keywords) dan tagar (hashtag) dengan sangat baik.

Setelah memasukkan kata kunci yang diinginkan, SocialMention akan menghasilkan laporan yang sangat luas dan up-to-date meliputi seluruhnya mulai dari kekuatan kata kunci tersebut, reach dan sentimen dari semua posting di media sosial yang mengandung kata kunci tersebut (ini berlaku untuk bahasa Inggris lho ya). Fitur sentimen secara khusus sangat berguna, dan biasanya diberikan sebagai bagian dari layanan-layanan paket analitik yang besar (dan mahal).

SocialMention dirancang untuk menjadi layanan sekali pakai sehingga Anda perlu mencek secara reguler atau mengekspor data secara harian untuk melacak dan memonitor perubahan sepanjang waktu. Jangan kuatir, mereka menyediakan fitur yang memungkinkan Anda untuk bisa mendownload file .csv.

 

social mention

SumAll

Jika Anda lebih menyukai data dalam bentuk visual, maka SumAll adalah layanan yang mungkin Anda cari. Setelah membuat akun, Anda bisa menyambungkan  beragam kanal media sosial Anda kedalamnya. Proses pengambilan data dari akun-akun media sosial kedalam aplikasi SumAll ini cukup memakan waktu namun setelahnya Anda akan bisa mendapatkan hampir seluruh data.

Ada beberapa cara untuk melihat data di SumAll namun yang paling impresif adalah tampilan chart yang memungkinkan Anda memilih periode waktu dan membuat grafik angka dari faktor-faktor yang ada. Dengan menggunakan tool ini Anda bisa dengan cepat membandingkan beberapa metrik dari akun, tagar aktivitas dan momentum campaign.

Berita buruknya adalah dari semua tool yang saya singgung di sini, SumAll adalah yang terjauh dari ‘real-time’. Data yang ditampilkan itu mundur sekitar dua hari kebelakang (terlambat 2 hari). Namun dengan segala opsi yang didapat dan kualitas dari hasil, sejujurnya saya tidak terlalu pusing dan saya mempertimbangkannya sebagai tool tambahan dalam penyelesaian pekerjaan saya.

SumAll

Memonitor campaign media sosial adalah hal penting untuk dilakukan, serta melakukannya sedekat mungkin dengan real-time membuat Anda bisa bermanuver dan bisa mengatur ulang strategi campaign Anda agar bisa berhasil.

Bagi perusahaan yang masuk dalam kategori SME, ada banyak opsi untuk bisa tetap memonitor campaign media sosial Anda. Hanya dengan sedikit effort mengumpulkannya sendiri hasil-hasil monitor dari tool-tool gratis, maka Anda bisa mendapatkan hasil yang kelengkapannya menyamai layanan-layanan berbayar juga.

Kira-kira demikian dan mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Iklan

4 pemikiran pada “4 Cara Memonitor Campaign Media Sosial Anda Dengan Gratis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s