Google Search: Tempat Bertemunya Pertanyaan dan Jawaban


 

Google Search

Berapa banyak aplikasi yang bersifat knowledge sharing yang Anda ketahui sampai saat ini? Dulu saat saya bekerja di Yahoo! Southeast Asia (Singapore-based) saya bertugas mengelola komunitas pengguna salah satu aplikasi Yahoo! yang bersifat memfasilitasi kebutuhan akan knowledge sharing tersebut. Nama aplikasinya (yang berbasis web) adalah Yahoo! Answers.

Selain Yahoo! Answers sebetulnya ada juga aplikasi-aplikasi lainnya yang berfokus pada knowledge sharing. Dari list yang saya dapatkan ini saja sudah ada 30 aplikasi, walaupun tentu saja yang populer hanya beberapa, termasuk Quora, Ask.com, Ask.fm (yep ini situs yang berbeda), Formspring, dan tentu saja Yahoo! Answers. Kira-kira siapa yang sekarang yang paling populer?

Jawaban pertanyaan diatas tentu saja akan sangat subyektif ya, namun ada satu aplikasi yang sebenarnya positioningnya bukan untuk knowledge sharing tapi akan jadi alat pertama yang digunakan untuk mencari jawaban-jawaban atas hampir semua pertanyaan….yaitu Mesin Pencari (Search Engine) yang pememangnya hanya satu menurut saya, yaitu Google Search.

Aplikasi knowledge sharing biasanya terbentuk dari adanya dua sisi kebutuhan, yaitu untuk orang-orang yang ingin mencari jawaban atas pertanyaan- pertanyaan yang mereka miliki, dan yang kedua adalah untuk orang-orang yang senang berbagi pengetahuan untuk alasan apapun. Saya pribadi belum pernah mendapatkan data tentang besarnya prosentase kedua tipe pengguna situs knowledge sharing tersebut namun saya yakin bahwa jumlah yang mencari jawaban atas pertanyaan pasti jauh lebih besar dibanding dengan jumlah yang ingin berbagi. Pada titik inilah Google Search jadi andalan para pencari jawaban tersebut.

Bagi saya penjelasannya cukup sederhana. Dengan semakin baiknya kualitas hasil pencarian dari mesin pencari, maka Google Search jadi perangkat handal untuk mencari jawaban tentang hampir semua hal.

Lalu bagaimana dengan orang-orang yang senang berbagi pengetahuan? Media sosial dan blog jadi tujuan utama. Dan konten-konten yang mereka hasilkan pun jika memang terbukti banyak yang suka maka akan bisa terindeks di Google Search dan akan menjadi jawaban-jawaban bagi para pencari jawaban yang mencarinya lewat Google Search. Circlenya tetap sama namun melibatkan media yang berbeda.

Bagaimana menurut Anda?

Iklan

4 pemikiran pada “Google Search: Tempat Bertemunya Pertanyaan dan Jawaban

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s