Mulai Berinvestasi Demi Masa Depan


Investasi

Ketertarikan saya terhadap investasi sebenarnya sudah lama muncul namun untuk melakukannya itu yang tidak pernah memiliki kesempatan (it’s a lame excuse, I know…I know), tapi ya sudah lah karena beberapa hari lalu saya akhirnya berkesempatan untuk mencoba berinvestasi dengan memulainya dari reksadana.

Dorongan memulai mencoba investasi pada saham mulai menguat kembali saat mendengar salah satu teman blogger (@venustweet) hasil investasinya (dan dilanjutkan dengan trading) berhasil. Lalu perbincangan dengan salah satu sahabat saya, Budi Akbarsjah yang kebetulan saya kenal sejak saya tinggal di NYC dulu dan kini dia tinggal di Singapore memberikan banyak informasi yang cukup berguna tentang reksadana.

Lalu pertanyaan yang muncul di benak saya dan juga pasti banyak di benak orang lain juga adalah:

Mengapa kita harus berinvestasi?

Jawaban dari pertanyaan ini sebetulnya bisa didapat dengan mudah semudah mengetikkan pertanyaan tersebut di mesin pencari. Salah satunya adalah dari blogpost ini yang coba saya kutip sedikit:

Setiap orang perlu berinvestasi karena nilai uang yang ia miliki akan selalu menyusut tergerus inflasi. Nah, agar uang kita selalu berbiak, kita harus mencari instrumen-instrumen investasi yang bisa mengalahkan inflasi itu. Karenanya, jangan berpuas diri jika Anda hanya menempatkan uang Anda di deposito. Sebab, deposito sering tak bisa mengalahkan inflasi.

Selain itu ada juga artikel-artikel yang saya dapatkan lewat mesin pencari yang cukup bisa menjelaskan dengan sudut pandang yg sedikit banyak sama, contohnya apa yang disampaikan oleh Edhi S Widjojo – Presiden Direktur AXA Asset Management Indonesia dalam sebuah artikel di SWA online,

”Investasi itu penting sekali. Istilahnya bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian. Nantinya sudah pensiun baru menyesal jika tak melakukannya. Selalu kita menunda investasi yang bertujuan semacam menabung. Namun menabung berbeda dengan investasi. Menabung hanya akan mendapatkan bunga sekitar 2% dalam setahun dari inflasi yang sekitar 7%. Jika hal tersebut terjadi uang kita akan berkurang 5% secara rata-rata”.

Pernyataan tersebut di atas cukup merubah pandangan saya tentang pentingnya pengelolaan uang.

Investasi atau Trading?

Sejujurnya saya tidak percaya saya bisa membahas hal ini sekarang. Bukan karena saya sudah sukses dalam berinvestasi namun saya ingin mendokumentasikan mulainya perjalanan saya berinvestasi (saya tidak percaya dengan kata terlambat). Ok ada dua istilah yang akhirnya saya bisa membedakannya dengan sangat jelas saat ini, yaitu investasi dan trading. Investasi biasanya digunakan untuk memanage uang kita dalam rentang waktu jangka panjang, sedangkan trading adalah aktivitas jual beli yang biasanya dilakukan saat kita hendak membeli ataupun menjual sejumlah saham. Karena fluktuasi yang berlangsung maka banyak praktisi trading (trader) jadi fasih bagaimana mencari keuntungan dari aktivitas jual-beli yang bisa berlangsung sangat cepat.

Singkat kata, investasi itu bisa disebut menabung dengan pintar, karena sebenarnya keuntungan yang bila di tabungan biasa berbentuk bunga, maka pada investasi dari selisih jual beli tersebut. Dan yang terpenting adalah seperti apa yang disampaikan oleh bapak Edhi S Widjojo di atas mengenai balap-balapan kita dengan nilai inflasi yang menggerogoti nilai uang.

Saya tidak ingin membahas jauh-jauh tentang hal-hal yang sebetulnya bisa Anda dapatkan semua di internet. Saya hanya ingin menandai perjalanan pengalaman saya berinvestasi dimulai dengan blogpost ini.

Oh iya, saya lupa bilang, saya membeli reksadana produk dari Mandiri Investasi (Mandiri Investa Pasar Uang) dan produk reksadana saham dari Ashmore (Ashmore Dana Progresif Nusantara), dan saya berencana akan “menabung” rutin untuk sekolah/kuliahnya anak saya nanti…:-)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s