The Power of Content Part 1: Bagaimana Mengungkapkan Kekuatan Konten?


unleash the power of content

Mungkin Anda tidak sadar bahwa pertempuran sedang terjadi. Pertempuran untuk menarik perhatian pengunjung dan Google. Ini adalah pertempuran konten dimana yang terbaik akan menempati posisi teratas. Pembaca dan penonton memilih lewat jalur-jalur sosial seperti retweets di Twitter, dan juga Facebook Likes dan Shares. 

Web telah menyediakan sarana bagi setiap orang untuk menjadi penerbit. Jadi pesaing Anda adalah orang dengan ponsel pintar, blog dan website. Dari data yang saya dapatkan  ada 1 miliar pengguna ponsel pintar, 550 juta website dan 300 juta blog.

Bayangkan betapa besarnya kompetisi yanng terjadi dalam jumlah tersebut!

Jejaring sosial telah memungkinkan kita untuk tidak hanya membuat konten tetapi juga menjangkau khalayak global.

Memang menjangkau 2 miliar orang yang memiliki akses internet itu bukanlah hal yang mudah. Tapi Anda tidak harus mencapai semua orang, hanya orang-orang yang peduli tentang jenis informasi yang Anda sampaikan.

Platform sosial seperti Twitter memungkinkan kita untuk berbicara dengan pengikut, penggemar dan orang-orang yang tertarik dengan topik pilihan Anda. Tetap fokus dan pertempuran untuk mendapatkan perhatian jauh lebih mudah dilakoni.

Tantangan

Jadi apa saja tantangan untuk menciptakan konten yang bisa mencapai dan beresonansi dengan pengikut Anda menarik menarik pembaca/pengunjung baru?

  • Menemukan ide-ide dan inspirasi. Jika Anda ingin jadi penulis, Anda harus melakukan dua hal ketimbang hal-hal lainnya, yaitu: Banyak membaca dan banyak menulis. Jadi banyaklah membaca buku, blogs dan juga tontonlah acara-acara seperti TED Talks. Konsumsi konten dengan persisten terutama yang relevan dengan industri Anda.
  • Ide-ide saya tidaklah orisinil. Banyak orang berpikir bahwa mereka harus datang dengan ide-ide asli setiap saat. Mulailah dengan mengurasi konten orang lain yang menempatkan koleksi ide-ide dalam satu artikel.
  • Melupakan tentang “Anda”. Perusahaan sering berbicara tentang diri mereka sendiri. Anda harus mulai berhenti membicarakan hal-hal tentang diri Anda dan mulai menghasilkan konten-konten  yang mendidik, menginformasikan dan menginspirasi audiens Anda.
  • Pemasaran. Konten perlu ditemukan oleh auidens. Jadi membangun jaringan sosial, mengoptimalkan untuk mesin pencari dan membangun database email merupakan tantangan yang perlu diatasi dan difokuskan.
  • Pengelolaan. Terlibat dengan audiens Anda saat mereka merespon adalah tugas yang akan membutuhkan kewaspadaan.

Peluang

Kita semua tahu bahwa peluang-peluang yang muncul sifatnya global dan bisa mencapai jauh jika Anda bisa mengatasi tantangan-tantangan yang ada.

  • Ahli. Konten akan menempatkan Anda dan brand Anda sebagai thought leader.
  • Peluang berjejaring. Terhubung secara online akan mendorong pertemuan face-to-face yang akan membuat hubungan virtual yang terbentuk jadi lebih real dan kuat.
  • Memberikan kesempatan untuk bersuara. Jika Anda merasa terlalu pendiam untuk jadi sukses, lalu konten-konten dan platform akan membantu Anda untuk bisa sukses.
  • Online asset. Konten yang dibangun dari waktu ke waktu akan ikut pula membangun online asset yang Anda miliki.
  • Memonetisasi konten Anda. Dengan mengemas konten online Anda sedemikian rupa lalu menjualnya sebagai misalnya kursus online, buku, ebook atau seminar, maka konten akan bisa dirubah jadi pemasukkan.

[…silahkan dilanjutkan ke The Power of Content Part 2: Yang Saya Pelajari tentang Pembuatan Konten]

2 pemikiran pada “The Power of Content Part 1: Bagaimana Mengungkapkan Kekuatan Konten?

  1. Ping balik: The Power of Content Part 2: Yang Saya Pelajari tentang Pembuatan Konten | bangwin.net

  2. Ping balik: The Power of Content Part 2: Yang Saya Pelajari tentang Pembuatan Konten – Bangwinissimo Post

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.