The Power of Content Part 2: Yang Saya Pelajari tentang Pembuatan Konten


blogging

[Saya menyarankan untuk membaca terlebih dahulu tulisan sebelumnya yang berjudul The Power of Content Part 1: Bagaimana Mengungkapkan Kekuatan Konten]

Dalam perjalanan membangun blog, dalam 2 tahun terakhir ini saya mendapati beberapa insight dan fakta-fakta baru yang saya tambahkan kedalam prinsip-prinsip yang saya pegang dalam membuat konten dalam platform apapun, yaitu: 

  1. Mulai. Memulai adalah hal yang sangat penting. Jangan menunggu seseorang untuk mendorong Anda untuk memulai. Niatkan diri Anda, lalu mulailah.
  2. Kesempurnaan. Banyak orang yang berdiri diluar arena pertandingan lalu berkata, “Saya akan masuk dan menang jika saya tahan peluru dan sempurna. Pernyataan yang sangat menggoda. Kenyataannya adalah Anda tidak akan pernah sempurna” – Dicuplik dari quote pengarang “Daring Greatly”, Brene Brown. Anda tidak akan pernah jadi sempurna. Mulai sajalah.
  3. Semangat dan tujuan. Mulailah dengan semangat dan tujuan, bila diasumsikan kedua hal ini adalah bahan bakar yang Anda miliki maka mereka akan membuat Anda bangun lebih awal dan membuat Anda terjaga lebih lama untuk membuat konten yang baik.
  4. Audiens. Kenali siapa audiens Anda dan berikan konten yang mereka inginkan. Selesaikan masalah mereka dan tetap fokus.
  5. Tambahkan nilai. Berikan nilai sebanyak mungkin yang bisa Anda berikan.
  6. Sederhana. Albert Einstein pernah berkata, “Jika Anda tidak bisa menjelaskannya dengan sederhana, maka Anda tidak cukup mengerti.” Jangan gunakan kata-kata yang terlalu bombastis, istilah-istilah perusahaan ataupun singkatan-singkatan yang tidak umum. Jagalah untuk tetap sederhana.
  7. Judul (Headline). Anda hanya punya beberapa detik untuk membuat orang membaca keseluruhan konten Anda sebelum mereka pergi. Pelajari cara membuat judul yang baik.
  8. Struktur. Setelah judul, muncullah perkenalan/garis besar. Lalu sub judul dan badan konten yang membuatnya mudah untuk dibaca. Bangunlah konten Anda agar bisa dibaca secara cepat. Jangan membuat pembaca takut dengan blok-blok teks yang panjang.
  9. Multi Media. Konetn bisa dibuat dengan format yang bisa diterima oleh banyak media. Cobalah mengganti format blogpost Anda kedalam bentuk presentasi pada Slideshare, podcast ataupun video di YouTube.
  10. Membangun untuk bisa dibagikan. Pastikan Anda membuat konten Anda bisa dibagikan (share) ke media sosial yang populer di negara Anda. Setidaknya ada tombol bagi (sharing button) Facebook dan Twitter yang Anda sertakan.
  11. Pantang mundur. Membangun loyalitas pada konten yang anda buat itu akan memakan waktu lama, jadi sikap pantang mundur adalah inti kesuksesan dan perlu dilakukan.

6 pemikiran pada “The Power of Content Part 2: Yang Saya Pelajari tentang Pembuatan Konten

  1. Ping balik: The Power of Content Part 1: Bagaimana Mengungkapkan Kekuatan Konten? | bangwin.net

  2. Ping balik: The Power of Content Part 1: Bagaimana Mengungkapkan Kekuatan Konten? – Bangwinissimo Post

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.