Membaca Profil Pasar dari Data Pengguna Perangkat Mobile


Telkomsel MSIGHT

Beberapa saat lalu saya diberi kesempatan untuk mendapatkan data-data yang diambil dari pengguna layanan telco terbesar di Indonesia, Telkomsel yang memiliki salah satu divisi yang disebut dengan Telkomsel MSIGHT

Telkomsel Mobile Consumer Insight (MSIGHT) adalah layanan yang membantu pengiklan memperoleh gambaran profil target market secara akurat serta relevan. Dari mana informasi Telkomsel MSIGHT diperoleh? Informasi tersebut berasal dari big data pelanggan Telkomsel yang jumlahnya mencapai 140 juta pelanggan.

Sebelum saya membahas lebih jauh tentang data-data Telkomsel MSIGHT ini, ada pertanyaan yang cukup menggelitik, yaitu dengan data-data pengguna layanan Telkomsel apakah cukup bisa mewakili pengguna telco secara keseluruhan? Mari kita lihat data-data dibawah ini:

Prosentase Pengguna Telco di Indonesia

*diolah dari berbagai sumber pada bulan Mei 2015

Walaupun memang data-data pengguna Telkomsel tidak bisa memotret secara utuh kondisi keseluruhan pengguna layanan telco, namun dengan 44.4 % pengguna menggunakan layanan Telkomsel membuat data yang ditawarkan oleh Telkomsel MSight cukup bisa mewakili secara snapshot dari pengguna mobile di Indonesia.

Dalam syndicated report yang saya dapatkan, tidak kurang dari 4 bagian yang dipaparkan dalam bentuk statistik, yaitu:

  1. Demographic Profiling & Market Potential
  2. Handset Ownership
  3. Mobile Service Usage
  4. Digital Consumer Benavior

Keempat bagian ini dipaparkan oleh tim Telkomsel MSIGHT dengan menganalisa big data dari pengguna layanan Telkomsel, sehingga didapat temuan-temuan yang menarik dan saya yakin bisa bermanfaat bagi advertiser ataupun perusahaan-perusahaan yang sedang mengembangkan produk mereka.

Saya akan membahas satu persatu bagian-bagian tersebut dalam bentuk tulisan/blogpost berseri pada setiap minggu (sampai selesai). Silahkan ikuti serial blogpost saya ini dengan memfollow via email (ada di sidebar kanan blog saya ini).

Stay tune!

Iklan

3 pemikiran pada “Membaca Profil Pasar dari Data Pengguna Perangkat Mobile

  1. Ping balik: Dominasi Pria dan Wanita di Dunia Mobile | bangwin.net

  2. Ping balik: Apa yang Diminati Oleh Pengguna Telco di Kota-Kota Besar? | bangwin.net

  3. Ping balik: Meski Durasinya Cukup Lama, Konsumsi Data di Indonesia Ternyata Masih Rendah - Avatar Nusantara Technologies

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s