Online Community 101

Well, kita semua tahu bahwa media sosial dan digital sedang naik daun. Hampir semua perusahaan berusaha ikut memanfaatkan media sosial yang terbukti secara sukses sudah memberikan banyak kemudahan terutama yang kaitannya dengan alat utk kita berkomunikasi. Selangkah dari itu pemanfaatan media sosial sebagai media penyampai pesanpun mulai diterapkan oleh banyak brand, karena media sosial menjadi tempat konsentrasi massa yang jumlahnya kadang bikin mata terbelalak.

Konsentrasi massa ini tentunya tidak muncul dengan sendirinya. Ada hal-hal yang menyebabkan konsentrasi massa ini terjadi, dan sebelum terlalu jauh konsentrasi massa di media sosial ini biasa kita kenal dengan istilah online community. Nah seberapa kenal kita dengan online community? Apa sih sebenarnya yang membuat online community itu terbentuk? Bagaimana memanage online community? Itulah sekilas pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul.

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mendasar berkaitan dengan online community, maka saya menyiapkan sebuah deck presentasi yang niatnya memang untuk dipresentasikan secara umum.

Bagaimana caranya? Mudah….ada dua cara:

  1. Pertama menggunakan cara yang saya sebut dengan Laid-Back Class yang penjelasannya bisa dilihat di sini.
  2. Cara kedua adalah bekerjasama dengan perusahaan yang bisa menyediakan:
    • Venue tempat pelaksanaan (biasanya sih ruang meeting besar will do)
    • Peralatan presentasi (projector + sound system)
    • Cemilan (optional)
    • That’s it!

Ok! Lalu selanjutnya bagaimana?

Untuk Laid-Back Class, yuk kita atur waktu dan tempatnya. Updatenya akan ada di blog post ini.

Untuk yang ingin bekerjasama menyelenggarakan open class sharing session ini, boleh kontak saya di bangwin[at]gmail.com atau mention Twitter handle saya  @bangwinissimo