Memulai Vlog


Saya sering bilang bahwa jaman sekarang batas antar media semakin tipis. Ini dikarenakan semakin meluasnya penggunaan media oleh semua pengguna. Kalau dijaman dulu (6 bulan itu sudah termasuk jaman dulu lho di dunia digital) media masih bisa terbagi-bagi, antara yang disebut media dan blog, bahkan video dan photo storage pun tidak dimasukkan kedalam keduanya.

Lalu kini bagaimana situasinya? Mungkin sudah pernah mendengar klaim dari Matt Mullenweg (founder dari Automattic, perusahaan induk dari WordPress) yang dalam salah satu wawancaranya menyebutkan bahwa WordPress yang dikenal sebagai blogging platform kini positioningnya lebih ke arah CMS (Content Management System) karena kalau dilihat memang engine WordPress ini juga banyak digunakan sebagai platform untuk website corporate, ecommerce, bisnis, selain blogging.

Nah jika demikian maka benar adanya jika disebutkan batas antar media kini semakin tipis. Media milik perseorangan bisa langsung head-to-head dengan media milik konglomerasi besar karena memang sarananya memungkinkan hal tersebut terjadi.

Lalu apa hubungannya dengan judul blogpost ini? Haha…iya, maaf agak ngelantur. Ya tidak terlalu ngelantur juga sih karena masih ada relevansinya. Dulu saya sudah pernah mencoba bikin online radio streaming, lalu pernah menjajal bikin podcast. Kini saya mencoba untuk bikin vlog.

Apa sih vlog itu? Vlog itu singkatan dari video blog. Yak……bikin blog dengan media video. Jelasnya kalau dilihat di wikipedia bisa dilihat di sini.

Ini vlog perdana saya:

Kalau jam terbang sudah tinggi nanti pengennya sih kayak Casey Neistat, dimana style vlognya kereeeeen abis…haha.

Kenapa tiba-tiba tertarik bikin vlog? Para penjahatnya adalah Andira Pramanta dan Shani Budi, dimana keduanya mengumpulkan vlog-vlog mereka pada #Vlogvember. Kedua teman saya inilah yang secara tidak langsung karya-karyanya mendorong saya untuk mencoba bikin vlog sendiri.

Bagaimana dengan kalian? Tertarik untuk mencoba bikin vlog kah?

Iklan

5 pemikiran pada “Memulai Vlog

  1. Ping balik: Merilis Ulang #TanyaBangwin Dalam Bentuk Video | bangwin.net

  2. Ngomongin vlog, saat ini memang lagi booming bahkan semakin banyak orang memanfaatkan vlog sebagai media mengembangkan kreatifitas content creation dan untuk mendapatkan uang. Selain vlog yang dijadikan sebagai ruang bisnis baru di media digital, sebenernya ada bisnis lain yang dimanfaatkan orang lewat skill yang mereka punya, misalkan seperti photobooth unik yang berawal dari skill dan hobi fotografi. So, intinya saat ini banyak ide bisnis yang dapat dicoba apa pun platform-nya.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s