Kegigihan dan Keteguhan Membawa Hasil


Kalian pasti sering mendengar kalimat yang menyebutkan bahwa setiap usaha yang gigih akan membuahkan hasil yang baik bukan? Namun apakah kalian pernah mengalaminya sendiri? Atau sedekat apa kalimat tersebut terbukti pada orang-orang terdekat kalian? Well, saya tidak pernah mengalaminya sendiri namun hal tersebut terjadi pada orang terdekat saya, yaitu Tyas Handayani, istri saya, mamanya Evandra. Apa yang ia raih? Itu yang ingin saya ceritakan pada blog post ini. 

Saya dan Tyas memiliki masalah kelebihan berat badan, bedanya adalah tubuh saya mulai menebal (baca: menggemuk) disaat saya masih SD, disaat saya harus berhenti melakukan olahraga karena terkena gejala sakit kuning (lever). Saat itu olahraga yang saya geluti adalah bulutangkis. Dimana setiap minggu saya ikut kedua orang tua saya untuk main bulutangkis dengan teman-teman sekantor papa saya di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kalian bisa bayangkan anak kelas 3 SD bermain bulutangkis secara rutin dengan lawan para orang dewasa setiap minggu. No wonder saya jadi over training dan yang kena lever saya.

Saat saya SMA, saya kembali terkena gejala hepatitis (kali ini namanya hepatitis yang artinya tetap saja sama, lever alias hati). Culpritnya kali ini lagi-lagi over training, namun olahraganya berbeda, yaitu softball. Kembali saya diingatkan untuk tidak terlalu lelah dalam melakukan kegiatan apapun termasuk olahraga. Dan mulai saat itu makin gemuklah badan saya karena tidak mampu mengontrol asupan makanan.

Tyas memiliki cerita yang berbeda. Sejak muda ia tidak pernah memiliki masalah kelebihan berat badan sampai akhirnya Evandra lahir pada tahun 2012, dan dirinya mulai mengalami masalah kelebihan berat badan.

Hampir 4 tahun Tyas berjuang untuk bisa menurunkan berat badannya sampai akhirnya ia berhasil secara bertahap membuat berat badannya turun. Dengan sabar ia mencoba satu per satu metoda diet yang dilakukan oleh teman-temannya serta dikombinasikan dengan pilihan olahraga. Sampai akhirnya pola yang ia lakukan berhasil, well sampai tulisan ini dibuat memang belum mencapai berat ideal namun berat badannya terus turun tanpa ada kelainan apapun, yang artinya she’s on the right track!

Apa yang Tyas lakukan ia dokumentasikan dalam rangkaian blog post yang bisa kalian mulai ikuti dari sini. Total blog post yang Tyas buat yang menceritakan usaha yang dilakukannya ada 8 buah, dan masing-masing memiliki tautan secara berurutan, yaitu:

  1. Run For Fun
  2. Fitness Choices: 20Fit
  3. Fitness Choices: Muay Thay
  4. Fitness Choices: Cross Fit
  5. My Fitness Plan
  6. Fitness Program, 1 Week Program
  7. Fitness Program, 2 Weeks Program
  8. Fitness Choices, Tips To Work

Kegigihan dan ketekunan Tyas mulai membawa hasil dan sedikit banyak ikut mendorong spirit saya untuk ikutan mencoba (walaupun masih belum bisa menang melawan kemalasan saya, oh God sorry about this).

Tyas, I’m proud of you

Foto: Tyas Handayani

Iklan

3 pemikiran pada “Kegigihan dan Keteguhan Membawa Hasil

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s