Perangkat Yang Saya Pilih Untuk Mobile Working


Banyak yang berpendapat bahwa semakin hari yang kita sebut dengan mobile working semakin relevan untuk dilakukan. Jika kita bekerja di kota-kota besar yang memiliki masalah dalam transportasi yang berdampak pada waktu kerja kita maka sepertinya banyak yang memang setuju dengan pendapat bahwa mobile working itu relevan. 

Apa sih yang disebut dengan mobile working? Berdasarkan pengertian yang saya dapatkan dari internet, mobile working/telecommuting itu:

“To work at home using a computer connected to the network of one’s employer.”

Namun pada prakteknya sebenarnya rumah/home tidaklah jadi patokan dimana sebuah pekerjaan bisa diselesaikan. Jadi mobile working itu prinsipnya bisa dilakukan dari mana saja selama pekerjaannya bisa diselesaikan.

Untuk bisa menjalankan mobile working, tentunya ada beberapa faktor yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah peralatan bekerja. Ini tentunya jadi faktor yang sangat penting karena pada kebanyakan situasi, bekerja dengan banyak perangkat, berat dan dimensi yang besar akan justru merepotkan. Oleh karena itu kita perlu untuk menentukan perangkat seperti apa yang pas buat kita untuk mobile working.

Ini cukup subjektif ya karena saya akan berbagi pada kalian semua apa yang saya gunakan untuk mobile working dan kalian bisa ikutan berbagi juga dibagian comment dibawah apa yang kalian gunakan.

Dulu untuk mobile working, saya sangat mengandalkan Google, dimana semuanya bisa terkoneksi dalam jaringan yang dimiliki Google pada Google Drivenya, serta menggunakan Google Docs sebagai apps untuk pekerjaan-pekerjaan offices. Problem muncul saat saya harus bertukar dokumen dengan klien yang kebanyakan tidak menggunakan apps yang sama dengan saya (kebanyakan menggunakan Microsoft Office apps family).

Namun problem tersebut sedikit bisa teratasi saat saya mengetahui bahwa dengan Microsoft apps family pun kita bisa melakukan semua yang bisa dilakukan di Google environment. Saya akan menjelaskan secara detail pada blogpost berikutnya, namun secara singkat dibawah ini akan coba saya paparkan perangkat-perangkat apa saja yang bisa dilibatkan sehingga bisa membuat pengalaman mobile working kita bisa lebih nyaman.

 

Smartphone Microsoft Lumia 950

Smartphone besutan Microsoft yang namanya Lumia 950 ini adalah smartphone dengan operating system Windows 10, sama dengan yang digunakan pada desktop maupun laptop. Oleh karena itu dengan kesamaan operating system tersebut, maka Lumia 950 bisa berfungsi sebagai “komputer” untuk kita bekerja tanpa perlu menggunakan laptop atau desktop.

Microsoft Display Dock

Display Dock ini adalah perangkat penghubung antara Lumia 950, monitor eksternal, portable keyboard dan wireless mouse.

Portable Keyboard

Portable Keyboard adalah perangkat keyboard yang bisa terkoneksi secara wireless (bluetooth)

Bluetooth Mouse

Bluetooth Mouse adalah mouse yang bisa terkoneksi secara wireless (bluetooth)

Itulah perangkat-perangkat yang bisa terhubung saat kita menggunakan lingkungan Windows 10 yang terkoneksi pada Continuum. Apa itu Continuum? Nanti akan saya bahas pada blogpost berikutnya ya.

Iklan

Satu pemikiran pada “Perangkat Yang Saya Pilih Untuk Mobile Working

  1. Ping balik: Bagaimana Continuum Di Windows 10 Mobile Bekerja Pada Lumia 950 | bangwin.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s