Komunitas Bintaro


Tidak seperti dijaman 16 tahun yang lalu dimana dunia online masih sangat baru, dan orang masih suka ngobrol di ceruk-ceruk mailing-list yang tertutup mendiskusikan nasib bangsa (baca: milis apakabar salah satunya). Pada saat ini praktis jika ingin membangun sebuah komunitas online, pe ernya tinggal 50%, yaitu nurturing dan pengelolaan yang merupakan bagian terberat…..:-) 

Lalu kalau nurturing dan pengelolaan komunitas itu bagian terberat dari sebuah komunitas online, bagaimana caranya kita ingin belajar? Well….ada sebuah saying yg menyebutkan “Bisa karena biasa”…..Kalau memang tidak dibiasakan ya akan jadi susah. Oleh karena itu banyak brand maupun agency yang pontang-panting saat diminta untuk membangun serta mengelola sebuah komunitas online.

Saya sendiri sering bilang bahwa mulailah dari yang kecil dan sederhana dahulu, lalu beri pupuk dan biarkan tumbuh. Jangan mimpi 3 bulan jadi sesuatu yang dipanen karena minimal sebuah komunitas online itu baru bisa terbentuk kepercayaannya ketika para member bisa mendapatkan manfaatnya secara nyata dan tidak hanya sekali, dan berdasarkan pengalaman saya sih paling cepat ya 1 tahun. Yak kesabaran adalah kuncinya.

Kalau mau belajar bareng kebetulan saya sedang mencoba membangun sebuah komunitas baru berbasis tempat tinggal saya, yaitu Bintaro dengan menggunakan platform Facebook, namanya Komunitas Bintaro. Komunitas online ini dibuat memang untuk warga Bintaro dan sekitarnya, sehingga informasi ataupun hal-hal yang akan disampaikan disana tentunya relevan dengan warga Bintaro dan sekitarnya.

Bagi yang ingin belajar membangun komunitas lokal didaerah kalian masing-masing boleh juga kalau mau follow, atau kalau mau ngundang saya untuk berbagi juga boleh, hehehe

Iklan

8 pemikiran pada “Komunitas Bintaro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s