Jenius, Awal Era Baru Dalam Dunia Perbankan


Apa yang terbayang dibenak Anda jika mendengar ajakan untuk membuka akun tabungan baru? Saya pribadi akan membayangkan proses manual, datang ke cabang perbankan yang dipilih, bertemu dengan petugas customer service, mengutarakan niat kita, mengisi formulir yang panjang, setor deposit ke teller, dan lain sebagainya. Pernahkah Anda membayangkan jika seluruh proses tersebut bisa dilakukan pada ponsel pintar tanpa harus dating ke cabang perbankan? Dobrakan apa lagi yang bisa memungkinkan hal tersebut terjadi? Inilah yang ingin saya ceritakan pada blogpost ini. 

Pada tanggal 11 Agustus 2016, PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) meluncurkan Jenius, sebuah aplikasi yang dirancang dan dikembangkan untuk membantu masyarakat dalam mengatur life finance secara lebih mudah, cerdas, dan aman melalui ponsel pintar berbasis Android maupun iOS.

Setelah beberapa kali diundang untuk menyaksikan proses mulai dari demo sampai akhirnya diluncurkan Jenius terus menerus kami sebagai orang yang di undang dibuat terperangah. Jenius memungkinkan kita melakukan aktivitas perbankan mulai dari membuka akun sampai dengan mengatur urusan finansial kita secara mudah dengan hanya menggunakan ponsel pintar berbasis Android maupun iOS.

Direktur Utama BTPN, Jerry Ng, mengatakan bahwa mereka menghabiskan waktu 18 bulan untukghgj bisa mewujudkan impian akan kemudahan dalam urusan keuangan yang bisa didapati pada aplikasi Jenius ini. Bayangkan jika hal-hal keseharian seperti membayar tagihan sampai dengan yang berkaitan dengan rencana masa depan yang biasa disebut dengan life finance bisa dilakukan dengan mudah dan cepat lewat aplikasi Jenius ini.

Jerry menambahkan bahwa dari hasil penelitian yang sudah mereka lakukan menyebutkan bahwa masyarakat digital savvy menginginkan praktek perbankan yang lebih mudah, cerdas, aman, dan semuanya dapat dilakukan melalui ponsel pintar. Sebagai bank yang memiliki visi mengubah hidup jutaan rakyat Indonesia, ia menyebutkan bahwa BTPN menjawab kebutuhan tersebut melalui Jenius.

Fungsi-fungsi pada aplikasi Jenius ini terbagi menjadi dua, dimana ada 7 fitur utama yang bisa dimanfaatkan oleh nasabah, yaitu:
  • Fungsi-fungsi yang membuat hidup lebih mudah (Simpler Life)
    • Send It – Mengirim uang dengan hanya 3 langkah, tentukan jumlah uang, pilih penerima dan kirim
    • Pay Me – Pilih nama pengirim, masukkan jumlah yang diinginkan, dan jika pengirim menekan tombol setuju maka uang akan langsung masuk ke rekening kita
    • $Cashtag – Sebagai pengganti nomor rekening yang sulit diingat kita bisa memilih dan membuat sendiri nama akun sebagai perwakilan dari nomor rekening yang disebut dengan $Cashtag
    • One Touch – Sistem verifikasi yang menggunakan fingerprint
  • Fungsi-fungsi yang membuat urusan finansial lebih pintar (Smarter Finance)
    • Dream Saver – Cara menabung dengan mudah dan simple. Kita bisa memilih jumlah uang yang ingin ditabung secara berkala sesuai dengan kemampuan dan jangka waktu yang diinginkan
    • Card Center – Kita bisa menentukan sendiri batas nilai pembelanjaan serta melakukan block/unblock kartu secara permanen atau sementara
    • Split Bill – Bagi-bagi tagihan dengan teman-teman yang bisa dilakukan secara otomatis

Untuk informasi lebih lanjut kunjungin Jenius.com

Sebagai penutup blogpost ini, saya merasa yakin langkah disruptive yang dilakukan oleh BTPN dengan meluncurkan Jenius ini merupakan awal perubahan secara utuh perbankan Indonesia ke dunia digital, mengingat sekarang ini bisa disebut dengan jamannya generasi milenial membuat fasilitas yang ditawarkan oleh aplikasi Jenius jadi semakin relevan.

Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada BTPN akan terobosan yang mereka lakukan dengan meluncurkan Jenius yang menandai mulainya suatu era baru dalam dunia perbankan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s