8 Alasan Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan Media Sosial


Akhir-akhir ini banyak cerita mengenai manfaat dan kekuatan media sosial untuk berlangsungnya sebuah bisnis, namun tidak semua pemilik bisnis bisa diyakinkan bahwa perkembangan media sosial saat ini bisa bermanfaat bagi perkembangan bisnis mereka. Untuk itu saya mencoba merangkum dan membuat daftar yang terdiri dari delapan alasan mengapa media sosial itu penting bagi bisnis, besar maupun kecil. 

1. Media sosial memungkinkan Anda mengenal para pelanggan

Salah satu hal yang terpenting dalam memasarkan bisnis Anda adalah mengenal pelanggan. Media sosial memberikan kesempatan pada bisnis untuk bisa mengakses informasi seperti misalnya umur dan gender diantara data demografi lainnya. Insight-insight seperti itu bisa melengkapi pemilik bisnis dan pemasar agar bisa melayani pelanggan lebih baik sehingga bisa mencapai ROI (return on investment)

2. Meningkatkan brand awareness

Satu-satunya cara untuk bisa melakukan penjualan adalah membuat pelanggan/pengguna tahu bahwa kalian eksis. Jika tidak ada yang tahu tentang Anda, bagaimana mereka bisa membeli barang atau jasa dari bisnis yang Anda jalankan? Orang-orang menghabiskan waktu mereka di media sosial. Apapun mereka cari di sana. Mereka tidak lagi mencari di Yellow Pages, namun mereka mencarinya di situs-situs media sosial (dengan menggunakan mesin pencari juga). Mereka ingin tahu kepribadian atau sisi manusia dari brand-brand yang ingin mereka dekati. Media sosial memungkinkan mereka untuk membicarakan tentang brand Anda dan mengajak yang lainnya untuk membicarakannya juga.

3. Menyasar pelanggan bisnis Anda

Ada lebih dari 800 juta orang yang menggunakan Facebook dan separuh dari mereka login setiap hari. Jumlah tersebut  lebih banyak dari semua yang bisa dicapai oleh iklan media cetak, radio ataupun televisi manapun. Dan juga ada Twitter, Linkedin, Instagram, YouTube dan banyak lagi alternatif situs layanan media sosial yang bisa membantu Anda memperluas pencapaian yang Anda butuhkan, secara lokal maupun global. Facebook Ads bisa ditargetkan pada klien Anda secara sempurna. Pada Twitter, penggunaan tagar (hashtag) dapat menyampaikan pesan secara sempurna bagi klien Anda. LinkedIn groups juga bisa menempatkan brand Anda kedepan orang-orang yang tepat.

4. Engage dengan klien Anda

Klien, pelanggan atau apapun penyebutannya bagi Anda ada di media sosial. Mereka mencari Anda di sana. Jika mereka mencintai perusahaan Anda, mereka ingin menyampaikannya dan mereka ingin Anda bilang kemereka bahwa Anda sangat menghargai kesetiaan mereka. Jika mereka tidak mencintai perusahaan Anda, merekapun ingin menyampaikannya juga. Dan ketika pemikiran bahwa menghadapi komen-komen negatif sangat menakutkan bagi sebagian pemilik bisnis, banyak yang tidak sadar bahwa justru hal ini adalah aspek yang sangat positif dari media sosial. Sebelum ada media sosial, jika klien merasa tidak puas dengan perusahaan Anda, mereka bisa saja menelpon, menulis surat ataupun mengirimkan email. Jika Anda bisa memperbaiki kondisi, bagus! Jika tidak, mereka akan menceritakan pengalaman buruk yang mereka alami ke beberapa teman mereka dan semuanya tidak akan mau kembali lagi. Saat ini, pelanggan yang tidak puas akan memposting pengalaman mereka di Facebook dan Twitter pada lebih dari 100 teman-teman dan follower mereka yang akan mengulangi membagikannya ke lebih dari 100 teman-teman dan follower mereka lainnya. Walau bagaimanapun juga, jika Anda memperbaikinya lewat media sosial, pelanggan yang tadinya tidak puas akan memuji Anda pada teman-teman serta follower. Begitu seterusnya.

5. Meningkatkan jumlah pelanggan

Pemasaran yang terarah, pelanggan yang dekat (keduanya positif dan negatif), dan tawaran kesepakatan eksklusif serta promosi adalah beberapa cara untuk meningkatkan jumlah pelanggan menggunakan media sosial. Pemasaran berbasis “word of mouth” akan selalu ada namun saat ini bisnis bisa memanfaatkan kekuatan “word of mouth” dengan menjadi bagian dari percakapan. Memberikan alasan bagi orang untuk bisa membicarakan brand Anda akan meningkatkan jumlah klien secara pasti.

6. Meningkatkan kesetiaan pelanggan

Berhubungan langsung dengan pelanggan dan menunjukkan personalitas dibelakan brand Anda akan membimbing mereka ke arah kesetiaan terhadap brand serta pada Anda juga. Kita semua ingin mempercayai bahwa kita spesial, dan hubungan yang terjadi di media sosial bisa membantu pelanggan Anda untuk mengerti bahwa mereka adalah spesial. Komentar-komentar yang bermunculan, positif maupun negatif juga memungkinkan Anda untuk bisa mengukur apakah Anda sudah ada dijalan yang tepat dan juga menunjukkan area mana saja yang memerlukan perbaikan. Adakah cara yang lebih baik untuk meningkatkan kesetiaan dari memperlihatkan pada pelanggan bahwa Anda selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk mereka pada saat ini ataupun untuk masa depan?

7. Memperluas layanan pelanggan

Komplen di dunia online bisa terlihat oleh siapa saja di media sosial dimana pelanggan bisa melakukannya agar semua bisa melihatnya. Dengan kata lain, mereka bisa menyelesaikannya juga dalam waktu cepat dan mudah lewat Twitter dan Facebook misalnya.

Ini tidak hanya jadi opsi yang lebih efektif dalam hal pembiayaan namun juga lebih pentingnya lagi membuat Anda bisa berinteraksi dengan pelanggan dengan cara yang mereka sukai. Jika seseorang punya masalah mereka tahu bahwa mereka bisa menghubungi bisnis Anda dengan mudah lewat online dan juga membuat Anda jadi lebih sadar akan problem yang dihadapi.

8. Membangun reputasi Anda 

Di media sosial, Anda tidak hanya bisa melihat dan mengikuti perjalanan para kompetitor, namun Anda juga bisa membangun hubungan yang baik dengan pelanggan Anda. Menjalankan dan ikut berpartisipasi dalam kelompok diskusi di Facebook Page bisnis Anda akan bisa membuat pelanggan merasa dihargai. Sama juga jika Anda melakukan hal yang sama di LinkedIn Group yang bisa membangun pelanggan Anda nantinya.

Hal tersebut akan memastikan mereka akan datang kembali dan juga merekomendasikan bisnis Anda kepada teman-teman mereka. Hal tersebut juga menarik pelanggan-pelanggan baru. Sehingga pada akhirnya semuanya akan membuat bisnis Anda lancar.

Media sosial adalah tentang memberi dan menerima. Jika Anda memberi maka Anda akan menerima. Hal tersebut tentunya tidak akan bisa terjadi dalam waktu semalam, namun jika Anda memanfaatkan setiap aspek dari media sosial, maka bisnis serta komunitas Anda akan tumbuh.

Bagaimana menurut Anda?

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s