Sekilas Cagub – Cawagub DKI Jakarta 2017


Tiga pasang cagub DKI Jakarta sudah terlihat siap-siap untuk memasuki kancah persaingan untuk menempati tampuk kepemimpinan DKI Jakarta, mungkin seru kali ya kalau kita telaah satu persatu dari kacamata kita sendiri apa kelebihan dan kekurangan masing-masing pasangan cagub tersebut. Kalian juga boleh lho ikutan nimbrung pada bagian komentar untuk nantinya bisa dikutip pada blog post berikutnya (ya ya pasti akan dimention, jangan kuatir) 

Oke, warga DKI Jakarta sekarang ada tiga pilihan untuk dijadikan sebagai gubernur yaitu pasangan Ahok – Djarot, pasangan Anies – Sandiaga dan pasangan Agus – Sylvi. Sebagai calon incumbent, Ahok memiliki keuntungan tersendiri karena dia menjadi satu-satunya yang tidak lagi mengandalkan janji karena beliau sebelumnya sudah menjabat sebagai gubernur DKI dan dalam masa ajabatannya tersebut ia dianggap banyak pihak berhasil memulai membereskan masalah-masalah yang dulunya tidak pernah terjadi. Eksekusi-eksekusi untuk “merapihkan” Jakarta yang dilakukan oleh Ahok tak kurang dari membereskan sungai-sungai, merapihkan kawasan Tanah Abang, merapihkan taman-taman di DKI Jakarta, dan lain sebagainya yang bisa kalian cari sendiri di internet.

Hasil dari masa jabatan Ahok yang kelihatannya memang tidak disia-siakan oleh beliau membuat usaha untuk menyaingi beliau jadi semakin sulit. Kedua penantang Ahok – Djarot merupakan calon baru yang sebelumnya belum pernah menjabat sebagai gubernur.

Cagub Anies Baswedan kita kenal dari pos sebelumnya yaitu sebagai Menteri Pendidikan sebelum akhirnya diganti oleh Presiden Joko Widodo. Saat menjabat sebagai Menteri Pendidikan, pak Anies memberikan hawa pembaharuan yang menjanjikan bagi perbaikan dunia pendidikan kita. Banyak orang yang menaruh harapan pada pak Anies. Ok, saya sendiri tidak begitu mengerti apa yang menggerakkan pak Anies untuk mau dicalonkan oleh Partai Gerindra pimpinan pak Prabowo Subianto dimana kita sama-sama tahu bahwa dulu Anies Baswedan pernah jadi tim pemenangan Jokowi – JK saat Pilpres 2014, dan juga pernah beberapa kali membuat pernyataan yang menyudutkan Prabowo juga (ini mungkin bisa jadi pembahasan yang menarik juga), namun ya kenyataannya beliau berhasil menjadi salah satu cagub berpasangan dengan cawagub Sandiaga Uno.

Pasangan yang terakhir yang masuk adalah pasangan Agus Harimurti Yudhoyono – Sylviana Murni. Yak pasangan ini cukup membuat masyarakat heboh karena proses penunjukkan Agus oleh ayahnya sendiri sebagai pemimpin Parta Demokrat, mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono cukup membuat semacam drama di media-media. Agus Harimurti memiliki karir yang cemerlang di kemiliteran, sehingga penugasan sang ayah dianggap pengorbanan yang harus diambil oleh Agus. Bagaimana dengan track record? Well, jika ada yang bisa menyebutkan silahkan langsung ditambahkan pada kolom komentar di bawah, namun saya pribadi menganggap modal utama dari Agus Harimurti untuk memasuki kancah persaingan cagub ini adalah nama besar ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono sebagai mantan Presiden RI.

Ini sekilas tinjauan saya tentang cagub dan cawagub DKI Jakarta. Ada yang ingin menambahkan mungkin? Silahkan di bagian komentar ya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s