Selamat Jalan Jagoan


Sore ini saya mendapatkan kabar dari istri saya bahwa salah satu anak penderita kanker yang ada dalam asuhan Pita Kuning telah berpulang setelah kondisinya menurun. Rizal atau nama lengkapnya adalah Syamsur Rizal Bani ZamZam adalah anak jagoan, ia telah berjuang melawan kanker neuroendokrin (kanker syaraf) yang tumbuh didalam pankreasnya selama 3 tahun semenjak ia berumur 4 tahun. 

Beberapa bulan terakhir Rizal menjalani terapi nuklir yang mengharuskan dia bolak-balik Jakarta-Bandung. Kemudian kondisinya mulai drop dan 2 bulan terakhir Rizal dirawat di ICU. Dan seminggu yang lalu Rizal masuk ICU dengan kondisi infeksi hampir di seluruh tubuh.

Rizal memiliki cita-cita ingin jadi presiden jika ia besar nanti. Dan ia tetap menyimpan cita-citanya tersebut sampai akhirnya tadi sore ia dipanggil oleh Yang Maha Kuasa. Selama menjalani masa pengobatan, Rizal ditemani oleh ayahnya dan juga bude. Ibunya Rizal sudah berpulang duluan akibat kanker juga. Jadi bisa dibayangkan betapa beratnya penderitaan keluarga mereka.

Kesedihan menyelimuti kami berdua, namun saya dan istri saya sadar bahwa semua yang terjadi diluar kuasa siapapun yang ada didunia ini.

Perlakuan Pada Penderita Kanker

Mama saya meninggal dunia karena kanker, jadi boleh dibilang saya lumayan faham dengan segala hal tentang kanker terutama apa yang diakibatkannya terhadap penderita dan juga keluarga penderita. Kebanyakan begitu seorang penderita ditemukan kanker dalam diri mereka maka seluruh fokus diarahkan pada perlakuan terhadap si kanker tersebut. Sehingga si penderita diperlakukan seperti pesakitan yang mengakibatkan secara psikologi akan memperburuk kondisi kesehatan mereka. Terutama bagi orang dewasa yang sudah faham akan konsekuensi yang dihadapi ketika informasi tentang kanker tersebut sudah diterima. Berbeda dengan penderita kanker yang masih anak-anak dimana jiwa mereka masih dipenuhi dengan dorongan bermain yang tinggi membuat satu-satunya yang mereka risaukan bukanlah kanker yang mereka derita namun rasa sakit yang merasakan.

Banyak yang belum memahami bahwa perlakuan yang harus diberikan kepada penderita kanker ataupun penyakit lainnya yang beresiko tinggi bukan hanya terletak pada pengobatan semata namun juga faktor-faktor yang terdapat disekeliling si penderita terutama yang bisa meningkatkan kualitas hidup si penderita serta juga keluarga yang ikut menanggung penderitaan si penderita. Perlakuan secara menyeluruh ini disebut dengan Perawatan Paliatif (Palliative Care), dimana jika boleh saya kutipkan pengertiannya:

Palliative care is an approach that improves the quality of life of patients and their families facing the problem associated with life-threatening illness, through the prevention and relief of suffering by means of early identification and impeccable assessment and treatment of pain and other problems, physical, psychosocial and spiritual

Si jagoan Rizal yang sekarang sudah duduk di pangkuan Tuhan YME juga mendapatkan bantuan perawatan paliatif semenjak ia dan keluarga mereka terhubung dengan Pita Kuning (Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia), walaupun segalanya tidak ada jaminan, namun kualitas hidup anak penderita kanker bisa dijaga seperti juga pengalaman Rizal dengan kakak-kakak  relawan yang dijurnalkan dalam bentuk blog harian.

Bagaimana Caranya Ikut Membantu Mereka?

Tidak ada satupun anak yang ingin jadi penderita kanker, seperti juga Rizal yang punya cita-cita menjadi presiden. Namun jika hidup tidak memberikan pilhan maka bagaimana caranya agar si penderita tetap bisa menikmati hidup mereka sesuai dengan usianya dan kebutuhannya.

Masih banyak Rizal-Rizal yang lain dan terbuka kesempatan bagi kita semua untuk bisa membahagiakan mereka dengan banyak cara juga. Pita Kuning menurut saya memberikan fleksibilitas opsi yang cukup luas untuk mempermudah kita semua agar bisa membantu anak-anak penderita kanker, memberikan kehidupan yang berkualitas bagi mereka. Selain Pita Kuning, walaupun tidak banyak ada beberapa yayasan juga yang mengkhususkan diri mereka pada perawatan paliatif.

Selama jalan Rizal, Tuhan sayaaaang sekali sama Rizal sehingga Rizal dipanggil untuk main di rumahnya Tuhan. Sekarang Rizal sudah tidak kesakitan lagi seperti dulu ya. Kita semua sayang sama Rizal.

Foto: Pita Kuning

Iklan

4 pemikiran pada “Selamat Jalan Jagoan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s