Early Warning Alert


Pernah baca atau dengar bahwa apapun yang ada didunia ini saling berkaitan dan alam akan menjaganya agar tetap senantiasa berimbang? Nah dalam skala kecil maka itupun berlangsung pada tubuh kita sendiri. Permasalahannya kadang kita tidak membiasakan diri untuk memperhatikan sinyal-sinyal yang muncul pada tubuh kita sehingga jika terjadi ketidakseimbangan dalam tubuh yang mengakibatkan tubuh kita terancam, kita tidak tahu.

Pembukaan Mata

Beberapa saat yang lalu saya mendapatkan undangan untuk medical check up for free (untuk 2 orang). Yang mengundang adalah salah satu rumah sakit swasta yang cukup terkenal yang saya tahu tentunya mereka ingin menawarkan program-program medical check up secara berkelanjutan. Well we all know that nothing’s free in this world, namun untuk mendapatkan medical check for free saya pikir why not? Dan lagi saya sudah berpuluh-puluh tahun tidak melakukan medical check up.

Singkat kata maka saya berdua dengan Tyas pergi memenuhi undangan tersebut. Sebelum melakukan medical check up kami berdua dijelaskan secara detail betapa pentingnya kita memonitor kondisi tubuh kita secara berkala, resiko-resiko seperti apa yang kita hadapi jika kita tidak tahu sama sekali kondisi tubuh kita, dan lain sebagainya. Setelah itu lalu kita berdua menjalani simple medical check up dengan alat bermerk Omron yang bisa mendeteksi berat badan serta BMI plus juga dilakukan cek gula darah. Hampir semua normal kecuali kadar gula dalam darah, dimana Tyas normal dan kadar gula darah saya mencapai 343, sementara itu normalnya adalah paling tinggi 170. Dan terkaget-kagetlah saya.

Silent Killer

Dalam istilah kesehatan ada yang disebut dengan “silent killer” untuk menggambarkan penyakit yang muncul diawal tanpa diketahui lalu tiba-tiba menyerang si penderita. Diabetes atau penyakit gula adalah salah satu trigger dari silent killer ini. Penyebabnya adalah pola makan yang tidak terkontrol, kurang olahraga, dan pola hidup yang tidak teratur. Bagaimana saya bisa tahu ini semua? Hasil medical check up yang saya dapatkan tersebut seperti early warning yang membuat saya tersadar dan lalu mulai mencari tahu apa yang disebut dengan penyakit gula darah (diabetes) ini.

Membangun Kesadaran

Tubuh kita ini sama dengan mobil yang kita kendarai. Secara berkala kita harus menservis mobil tersebut agar bisa lebih awet dan tidak cepat rusak. Sedangkan tubuh kita juga demikian, cara merawatnya adalah dengan pola makan yang baik, pola hidup yang teratur plus olahraga. Jika ada yang kurang maka tubuh bisa dibilang dalam kondisi yang tidak seimbang maka mulailah masalah-masalah akan timbul. Dalam hal ini saya tipikal orang yang tidak suka dengan kondisi dimana saya jadi dikontrol oleh sebuah keadaan. Oleh karena itu kenyataan gula darah saya tinggi sekali itu seperti menampar muka saya dengan telak. Selanjutnya pasti kalian tahu apa yang saya lakukan.

Menjaga tubuh itu sangat tricky. Semakin kita tak peduli maka semakin lemah sensitivitas kita untuk bisa menangka sinyal/tanda yang dikirimkan oleh tubuh jika terjadi suatu ketidakseimbangan. Namun begitu kita mulai sadar, kita jadi lebih waspada, lebih sadar akan pentingnya tubuh kita ini untuk dijaga.

Saya tidak mau terdengar klise dengan mengajak kalian semua untuk hidup sehat, karena saya yakin kalian sudah muak dengan ajakan-ajakan hidup sehat mulai dari himbauan untuk meninggalkan rokok, tidur minimal 8 jam sehari, dan lain sebagainya. Saya cuman ingin agar kita semua tidak tersadar saat semuanya sudah ada dalam kondisi yang sangat sulit untuk diperbaiki.

Itu saja sih 🙂

Iklan

Satu pemikiran pada “Early Warning Alert

  1. Ping balik: Monitor | bangwin.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s