294 ke 136…Ini Baru Awal


Kira-kira 2 minggu yang lalu, saya memeriksakan kadar gula saya di Guardian, Bintaro Xchange, sesaat setelah makan siang dengan istri saya di Marugame Udon. Angka yang ditunjukkan oleh alat pengukur yang bermerk AccuCheck tersebut cukup mengagetkan operator yang membantu saya mengambil darah dan mengukurnya. Yaitu 294 yang artinya jauh diatas ambang batas normal 180 paska makan. Dan ini adalah pengecekan yang ketiga, dimana dua diantaranya mendekati 300. 

Dua hari setelahnya saya memutuskan untuk berkonsultasi dengan salah satu dokter ahli penyakit dalam di Rumah Sakit Pondok Indah – Bintaro (RSPI-Bintaro) karena kadar gula dalam darah dua kali melewati ambang batas normal itu tidak normal. Singkat kata hasilnya adalah saya divonis jadi penderita diabetes. Dan juga saya harus mengatur pola makan saya berdasarkan konsultasi dengan ahli gizi.

Hari ini, setelah dua minggu berlalu (dalam 2 hari saya harus kembali konsultasi ke dokter ahli penyakit dalam), saya kembali harus mengecek kadar gula dalam darah saya setelah menjalani perubahan dalam pola makan serta melakukan olahraga rutin. Thanks to istriku Tyas yang membelikan alat pengukur gula (GlucoDR Auto) agar bisa mengukur kadar gula dalam darah sendiri tanpa harus ke Guardian (yang sering kehabisan strip). Hasil pengukuran gula darah dengan kondisi setelah makan siang adalah:

Berikut saya sampaikan kisaran kadar gula darah normal dalam tubuh:

  • Sebelum makan: 70 – 130 mg/dL.
  • Dua jam setelah makan: kurang dari 180 mg/dL.
  • Setelah tidak makan (puasa) selama setidaknya delapan jam: kurang dari 100 mg/dL.
  • Menjelang tidur: 100 – 140 mg/dL.

Artinya jika mengikuti point kedua, maka kadar gula darah saya kembali ke normal, setelah dua minggu yang lalu angka yang saya dapat adalah 294 mg/dL.

Alhamdulillah!

Thanks buat teman-teman yang sangat aware dan berbagi dengan saya di Facebook (yes, I might say Facebook’s engagement event more solid nowadays). Sepertinya 2 sendok teh olive oil setiap malam, dan jus kabocha setiap pagi nya working very well ya?

Okay, lalu apa yang akan saya lakukan setelah ini? Well?

  1. Memaintain kadar gula darah saya ada dalam kisaran normal.
  2. Cek ke dokter secara rutin untuk memastikan kondisi dan fungsi-fungsi organ tubuh.
  3. Karena sudah memulai hidup sehat, maka tidak ada salahnya untuk meneruskannya instead of balik ke pola hidup tidak sehat, yaitu saya akan terus mengurangi sampai akhirnya bisa terbebas dari simple sugar dalam asupan makanan/minuman saya, meneruskan rutinitas olahraga (waktunya memanfaatkan biaya langganan Spotify saya yang paling optimal)
  4. Kalau ketiga poin diatas adalah segala yang bersifat raga, maka untuk kesehatan jiwa, saya pengen banget memulai rutin bermeditasi. Langkah pertama….mencari siapa yang bisa mengajarkannya 🙂

That’s it! Thanks folks!

Special thanks to my bro Robin Malau, mas Norman Parmanto, dan mas Rendy Maulana (yang paket daun insulinnya baru saya terima, will try it for sure)

Iklan

4 pemikiran pada “294 ke 136…Ini Baru Awal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s