Tips: Jalan-Jalan ke Tokyo? Jangan Lupa Kartu Sakti Suica (atau Pasmo)


Seperti yang saya ceritakan pada blogpost saya sebelumnya saat kami baru tiba di bandara Haneda, Tokyo, hal pertama yang saya lakukan adalah membeli kartu Suica (atau Pasmo). Apa sih kartu Suica/Pasmo ini? Tulisan yang masih termasuk serial  #JapanTrip nya #KeluargaBangwin ini akan menjelaskan lebih rinci tentang kartu yang saya juluki kartu sakti yang sebaiknya dimiliki jika sedang jalan-jalan di Tokyo ini, plus bagaimana mendapatkannya. 

Suica/Pasmo card adalah semacam kartu EMoney nya Bank Mandiri atau kartu Flazz nya BCA kalau di Indonesia hanya saja Suica/Pasmo Card ini di Jepang pada umumnya bisa digunakan untuk pembayaran transportasi umum non taksi, khususnya kereta api dan bis, serta juga bisa digunakan untuk berbelanja di beberapa jejaring convenience store seperti Lawson dan juga Family Mart. Oleh karena itu saya menyebutnya dengan a must-have card saat kita mengunjungi Tokyo ataupun Jepang pada umumnya.

Transportasi di Jepang ini dioperasikan oleh lebih dari satu operator yang menggunakan sistem tiket yang beragam. Nah keberadaan kartu isi ulang Suica/Pasmo card ini jadi mempermudah hidup kita karena hanya dengan satu kartu, maka kita bisa menggunakannya untuk hampir semua moda transportasi di Jepang. Yang membedakan kartu Suica dan Pasmo adalah hanya pada perusahaan yang merilisnya saja, kegunaannya bisa dibilang sama saja. Karena yang kami gunakan adalah kartu Suica maka saya akan menceritakan pengalaman kami lebih pada penggunaan kartu Suica.

JR-East Ticket Office

Penjualan kartu Suica ini dilakukan oleh salah satu pengelola transportasi kereta yang namanya JR-East yang biasanya ada di bandara (ticket office dan vending machine) dan juga di stasiun-stasiun kereta api/bus. Sesuai dengan kebutuhan, kami hanya membeli 2 buah kartu Suica seharga 2000 Yen (1500 Yen debit dan 500 Yen deposit yang bisa diuangkan kembali saat kita mengembalikan kartunya), sedangkan kartu Suica untuk anak-anak berlaku untuk anak yang berumur 6-11 tahun sementara itu untuk anak berumur dibawah itu tidak dikenakan biaya. Sehingga Evan tidak perlu punya tiket Suica sendiri.

Isi ulang (Top-up) kartu Suica/Pasmo

Tarif perjalanan di Tokyo dan sekitarnya relatif tidak mahal (sekitar 160 dan 170 Yen), jika dibutuhkan untuk mengisi ulang, maka bisa dilakukan di mesin-mesin isi ulang yang bentuknya seperti di bawah ini (jangan kuatir ada opsi “English” pada tampilan antar-muka nya) yang ada di stasiun perhentian kereta.

Suica/Pasmo Machine

Isi kartu akan terlihat saat men-tap kartu ketika memasuki pintu masuk ke setiap gate atau kita bisa men-tap pada mesin di atas tanpa harus mengisi ulang.

Mengisi ilang kartu Suica sangatlah mudah, namun kita mesti menggunakan uang kertas Yen tentunya dengan minimum pengisian berjumlah 1000 Yen (silahkan dicek apakah saat kalian ada di sana apakah mesinnya sudah bisa menerima kartu kredit atau belum, karena pada saat kami kesana mesinnya belum bisa menerima kartu kredit).

Refund Kartu Suica

Saat tiba waktunya kita harus kembali ke negara kita, kita bisa menguangkan kembali (refund) dengan cara mendatangi kantor JR-East yang ada di setiap stasiun kereta, kita bisa mengembalikan kartu Suica yang secara otomatis mendapatkan deposit 500 Yen yang kita bayarkan dan sisa uang yang masih tersisa dikurangi processing fee sebesar 210 Yen secara tunai.

Kartu Suica/Pasmo atau Tiket Reguler Japan Rail Pass?

Karena penggunaan kartu Suica/Pasmo itu memudahkan maka saya dari awal tidak pernah menggunakan tiket transportasi yang biasanya digunakan secara umum. Lalu apa bedanya? Ya sebenarnya perbedaanya hanya pada tingkat kenyamanannya saja. Tiket biasa atau yang biasa disebut dengan Japan Rail Pass (JR Pass) biasanya lebih ekonomis jika kita hanya bepergian dari lokasi A ke B, sedangkan jika kita tidak ingin bolak-balik ke mesin tiket setiap kali hendak bepergian ya mendingan menggunakan kartu Suica/Pasmo.

JR Pass juga tersedia tiket unlimited untuk kereta api yang dikelola JR dan bis, termasuk kereta api cepat Shinkansen (kecuali layanan tercepat Nozomi lho ya). Tarifnya tiket 7 hari adalah 28.300 Yen atau bila ingin menggunakan first class maka harga tiketnya 37.800 Yen.

Silahkan ditentukan saja yang mana yang paling pas dengan kebutuhan kalian 🙂

*Tulisan ini adalah rangkaian dari serial blog post tentang perjalanan #KeluargaBangwin ke Tokyo, Jepang

 

Iklan

4 pemikiran pada “Tips: Jalan-Jalan ke Tokyo? Jangan Lupa Kartu Sakti Suica (atau Pasmo)

  1. Ping balik: Touch Down at Haneda dan Kesalahan Pertama di Tokyo | bangwin.net

  2. Ping balik: How to plan a family trip to Japan ? – Tyas Handayani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s