Kita Adalah Warga Dunia


Kenyataan yang harus kita terima saat ini adalah kita hidup di sebuah tempat yang tidak lagi memiliki batas negara. Informasi yang kita miliki bisa dikonsumsi oleh orang lain yang tinggalnya dibelahan dunia sebaliknya (tentunya jika kalian meyakini bahwa dunia ini tidak datar) dalam hitungan detik. Ini bisa jadi ancaman namun bisa juga dilihat sebagai keuntungan. Betapa tidak? Seluruh manusia yang tinggal di dunia ini bisa menerima informasi dari kita (tentunya jika kita menargetkannya demikian), tinggal bagaimana mengolahnya agar bisa menjadi apa yang kita inginkan. 

Satu saat saya ngobrol dengan salah satu teman yang menyebut dirinya sebagai seorang seniman dan ingin sekali bisa hidup sebagai seorang seniman (tidak harus menopang hidup dengan bekerja dengan profesi lain). Menurut dia sangat sulit untuk bisa hidup layak menjadi seniman di negara ini. Jamannya seniman seperti Affandi, Raden Saleh, dan sebagainya sudah lewat menurut dia.

Saya tidak sependapat. Jika seorang seniman hanya memfokuskan pada negeri ini saja maka sama saja ia tidak mau membuka talent dan karyanya buat penduduk global. Dengan adanya teknologi internet seharusnya hal ini tidak terjadi. Raden Saleh ataupun Affandi pun di jaman dulu tidak akan kemana-mana jika karyanya tidak diwartakan dengan word of mouth yang terjadi terhadap karya mereka. Kini, word of mouth yang sama bisa tersebar jauh lebih cepat dengan teknologi internet.

Jadi mulailah dengan membuka mindset bahwa yang bisa melihat karya dan talent seorang seniman atau siapa saja adalah seluruh dunia. Persiapkanlah diri kalian.

Oh iya, tanpa harus menyebutkan nama, akhirnya si seniman yang saya ceritakan diatas jadi klien saya. Karyanya berhasil menembus salah satu galeri seni di Singapura.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s