Hasil Riset Generation C Sudah Bisa Didapatkan


Banyak pertanyaan yang muncul bila sebuah perusahaan ingin bertransformasi ke ranah digital, salah satunya adalah karakter pelanggan (customer) yang akan jadi target market mereka. Ya bisa dimengerti karena ranah digital itu adalah ranah baru bagi perusahaan-perusahaan yang belum masuk kesana. Bagaimana caranya untuk bisa mengetahui dan mengenal para pelanggan yang ada di ranah digital? Ya harus bikin riset, namun masalahnya bikin riset itu bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan, dan juga bilan ingin menggunakan outsource investasinya juga tidak sedikit dan akan cukup memakan waktu.  

Kategorisasi Generasi

Kita mengenal kategorisasi dalam generasi, dan banyak riset-riset yang sudah dilakukan mengacu pada kategorisasi generasi tersebut. Mulai dari istilah Baby Boomers, Generation X, Generation Y (Millenial), Generation Z (Centennial) dan seterusnya dimana pengkategorian tersebut mengacu pada jangka waktu kelahiran. Permasalahannya baru muncul saat kita ingin tahu generasi mana saja yang memang sudah masuk ke ranah digital (connected), karena jika mau jujur hampir semua generasi saat ini sudah mulai tap in ke digital. Sehingga tidak bisa kita mengacu pada kategori generasi yang menggunakan landasan waktu kelahiran.

Gen C (Generation Connected)

Gen C ini sebetulnya istilah yang diperkenalkan oleh Google yang mengacu pada consumption habit dan penggunaan YouTube, sehingga Gen C ini juga sering mereka sebut dengan istilah YouTube Generation. Istilah Gen C itu sendiri digunakan untuk menggambarkan orang-orang yang sangat peduli terhadap kreasi (creation), kurasi (curation), koneksi (connection) dan komunitas (community). Gen C itu tidak menggambarkan kelompok umur namun lebih menggambarkan sikap (attitude) dan pemikiran (mindset). Dibawah ini adalah 8 buah karakter pembentuknya:

  • Gen C is a state of mind
  • Gen C strives for expression
  • Gen C is a taste-maker
  • Gen C defines the social network
  • YouTube is Gen C’s habitat for entertainment
  • Gen C is constantly connected
  • Gen C connects on YouTube on all screens
  • Gen C values relevance and originality

Riset Tentang Gen C di Indonesia

Kembali pada perusahaan-perusahaan yang ingin bertransformasi yang saya singgung diawal tulisan ini, dengan pemaparan diatas maka akan lebih masuk akal jika Gen C lah yang dijadikan acuan dasar target market para perusahaan dan bisnis yang ingin bertransformasi ke digital. Pertanyaan yang lalu muncul adalah dimana kita bisa mendapatkan data tentang Gen C ? Untungnya sudah ada yang melakukan riset tentang Gen C khususnya di Indonesia dan merilis hasilnya dalam bentuk buku yang bisa dibeli.

Seiring dengan tingkat pembelanjaan generasi terbesar di Indonesia yang sedang berada di puncak-puncaknya, Bubu.com dan Mars Indonesia bekerjasama melakukan riset mengenai sikap dan pengalaman unik Generasi C atau Gen C yang akan membuat perubahan ekonomi dengan cara mendorong perusahaan untuk memahami bagaimana sebenarnya cara berbisnis yang tepat untuk beberapa dekade ke depan.

Jika Anda berkecimpung di dunia digital cukup lama, Anda pasti kenal dengan Bubu.com, perusahaan yang sudah wira-wiri di dunia digital selama 20 tahun lebih dan juga merupakan pionir dalam bidang digital di Indonesia. Selain itu Mars Indonesia pun cukup dikenal sebagai perusahaan yang konsisten ada di jalur riset selama waktu yang cukup panjang. Dengan mengambil momentum acara konferensi 2 tahunan IDByte 2017 mereka memperkenalkan hasil riset mereka tersebut ke masyarakat.

Buku The Power Of Gen C

Buku setebal 320 halaman yang berisikan informasi cukup komprehensif hasil dari riset Gen C yang dilakukan oleh Bubu.com dan Mars Indonesia ini sudah bisa didapatkan dengan harga Rp. 25.000.000,- (versi Bahasa Indonesia) dan Rp.35.000.000,- (versi bahasa Inggris). Dan to be honest, dibandingkan dengan apa yang didapatkan dari buku ini, investasi tersebut jadi cukup murah.

Silahkan buka laman ini untuk memesannya dan menurut saya it’s worth to have if your company want to be digitally transformed in the near future.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s