Model Bisnis Hiper-Disruptif: Free Model


Setelah pada tulisan sebelumnya sudah dibahas model bisnis Subscription yang juga termasuk model bisnis hiper-disruptif, kali ini tentang Free Model. Model bisnis ini pada awalnya memang membingungkan banyak orang. Sampai sekarang saya masih menerima pertanyaan tentang bagaimana bisa berbisnis dengan memberikan barang gratis?

Pasti banyak dari Anda juga bertanya-tanya saat pertama kali menggunakan mesin pencari (Yahoo! ataupun Google pada masa sekarang) yang dengan sukses mematikan bisnis Yellow Pages dengan memberikan layanan yang sama namun lebih mudah dan cepat dan tidak berbayar. Sekarang hampir semua layanan media sosial yang ada sekarang (Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya) menggunakan model bisnis serupa yaitu tak berbayar (free model).

Tidak bisa dipungkiri, memberikan akses secara gratis itu bisa membangun popularitas, terutama jika yang diberikan adalah sesuatu yang memang bermanfaat atau disukai. Dengan memberikan sesuatu dengan gratis maka Anda bisa memenangkan hati banyak orang dan secara tidak langsung bisa membangun komunitas pengguna yang sangat besar. Nah komunitas pengguna yang sangat besar inilah yang jadi aset yang amat penting dan nilainya akan naik terus karena popularitas yang didapat.

Seiring dengan tumbuhnya komunitas pengguna maka bisa diibaratkan dengan lokasi disebuah daerah yang makin ramai dikunjungi, lambat laun space iklan dilokasi tersebut makin mahal harganya dibandingkan ditempat yang sepi. Data pengguna, jumlah perhatian publik serta kesempatan untuk bisa menargetkan pasar secara tepat akan jadi sumber pendapatan lain, namun pertanyaannya adalah kesanggupan untuk membangun dan memelihara platform yang bisa bernafas panjang seperti Google karena membangun komunitas itu bukanlah pekerjaan instan (setahun atau dua tahun). Dibutuhkan waktu yang sangat panjang serta komitmen pembaruan teknologi dan ekosistem secara kerkesinambungan.

Model bisnis berikutnya adalah Fremium Model (bersambung)

Ps: Klik disini untuk kembali ke tulisan pertama (pembuka) serial tulisan ini

Iklan

3 pemikiran pada “Model Bisnis Hiper-Disruptif: Free Model

  1. Ping balik: Model Bisnis Hiper-Disruptif: Subscription Model | bangwin.net

  2. Ping balik: Model Bisnis Hiper-Disruptif: Overview | bangwin.net

  3. Ping balik: Model Bisnis Hiper-Disruptif: Freemium Model | bangwin.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.