Cara Menjaga Data Anda di Facebook


Berita tentang skandal Facebook dan Cambridge Analytica masih terus menghantui. Kenyataan bahwa semudah itu data-data kita diakses oleh orang luar membuat banyak orang mengurangi penggunaan Facebook atauh bahkan menghapus akun Facebook mereka. Apakah harus sampai segitunya?

Anda tidak harus melakukan ini. Anda tidak harus  melalui pengaturan privasi yang rumit untuk memastikan bahwa perusahaan yang Anda beri kepercayaan untuk menyimpan informasi pribadi Anda membuat upaya hukum yang wajar untuk melindunginya. Namun karena Facebook telah memberikan akses bagi pihak ketiga yang lalu digunakan oleh mereka untuk melanggar privasi pengguna dalam skala besar yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan sementara para legislator dan pembuat peraturan berebut untuk memahami implikasi dan menetapkan batasan, pengguna dibiarkan untuk memikul tanggung jawab mereka sendiri untuk memastikan bahwa profil mereka dikonfigurasi dengan benar dan aman.

Pada akhirnya menjadi jelas bahwa Cambridge Analytica, perusahaan analitik data, memang mendapat akses ke lebih dari 50 juta data pengguna Facebook pada tahun 2014. Data tersebut dikumpulkan, dibagikan, dan disimpan tanpa persetujuan pengguna. Skala pelanggaran privasi pengguna ini mencerminkan bagaimana persyaratan layanan dan API Facebook disusun saat itu. Jangan salah, ini bukan pelanggaran penggunaan data, hal ini menunjukkan secara jelas bagaimana infrastruktur Facebook dirancang untuk bekerja.

Selain memunculkan pertanyaan tentang peran Facebook dalam pemilihan presiden 2016, kasus yang terjadi ini adalah pengingat akan risiko privasi yang tak terhindarkan yang dihadapi para pengguna ketika informasi pribadi mereka diambil, dianalisis, disimpan tanpa batas, dan dibagikan oleh kumpulan penjual data, pemasar, dan perusahaan media sosial.

Perusahaan teknologi seharusnya dapat dan bisa berbuat lebih banyak untuk melindungi pengguna, termasuk memberi pengguna lebih banyak kendali atas data apa yang dikumpulkan dan bagaimana data itu digunakan. Hal tersebut bisa dimulai dengan bersikap transparan dan memberikan akses pada para peneliti yang benar-benar independen (tanpa memiliki kepentingan untuk perusahaan tertentu) akses untuk bekerja dengan, black-box test, dan mengaudit sistem mereka. Dan pada akhirnya, pengguna harus dimudahkan untuk ‘pergi’ ketika platform tidak dapat melayani mereka serta dipermudah untuk mengambil data mereka ketika mereka pergi.

Tentu saja, Anda bisa memilih untuk meninggalkan Facebook, tetapi bagi banyak pengguna sayangnya itu bukan solusi yang tepat. Untuk saat ini, jika Anda ingin menyimpan data Anda melalui API Facebook, Anda dapat mengendalikan pengaturan privasi Anda. Perlu diingat bahwa hal ini akan menonaktifkan SEMUA aplikasi platform (seperti Farmville, Twitter, atau Instagram) yang terhubung dengan Facebook dan Anda tidak akan dapat masuk ke situs-situs lain menggunakan login Facebook Anda. Caranya begini:

Masuk ke Facebook dan kunjungi halaman Pengaturan Aplikasi/Apps Setting (atau pergi ke sana secara manual melalui Menu Pengaturan> Aplikasi/Settings Menu > Apps).

Dari sana, klik tombol “Edit” di bawah “Aplikasi, Situs Web, dan Plugin/Apps, Websites and Plugins” lalu klik “Nonaktifkan Platform/Disable Platform”

Jika menonaktifkan platform secara keseluruhan dianggap terlalu berlebihan, ada pengaturan lain yang dapat dilakukan yaitu membatasi informasi pribadi yang dapat diakses oleh aplikasi yang digunakan orang lain. Secara default, orang lain yang dapat melihat info Anda dapat membawanya ketika mereka menggunakan aplikasi, dan info Anda menjadi tersedia untuk aplikasi tersebut. Anda dapat membatasi ini sebagai berikut.

Mudah-mudahan dengan cara ini, Anda bisa lebih nyaman dan merasa aman menggunakan Facebook.

 

Iklan

Satu pemikiran pada “Cara Menjaga Data Anda di Facebook

  1. Ping balik: Bagaimana Mendapatkan Ide untuk Blog Post? | bangwin.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.