Apa Itu Blogging?


Blogging itu dimulai saat seseorang mulai menggunakan website sebagai jurnal untuk aktivitas keseharian dan juga ide-ide mereka. Istilah “blog” itu didapat dari “web log” jadi sebenarnya diawal-awal blog-blog itu sifatnya cukup personal.

Dimana itu tidak lagi jadi masalah pada saat ini.

Blog saat ini digunakan dengan cara yang sama seperti situs web biasa digunakan yaitu untuk mendidik pengunjung situs tentang topik-topik tertentu.


Satu perbedaan antara apa yang mungkin disebut sebagai halaman web “normal” dan sebuah blog adalah bahwa sebuah blog diharapkan memiliki konten baru yang ditambahkan secara teratur, dan dengan demikian sistem blogging harus memfasilitasi itu.

Meskipun sebagian besar blog mungkin memiliki komentar dan tag serta embel-embel lainnya, namun penambahan konten baru secara teraturlah yang merupakan definisi dan pembeda blog dari situs statis (web).

Bahkan postingan itu sendiri dan formatnya adalah termasuk hal-hal kecil. Itu semua hanya konten. Pada blog-blog yang saya buat (pribadi ataupun klien), saya mengatur “halaman/page” dan “posting/blogpost” dengan cara dipisahkan dalam pengorganisasian sebuah situs saat memublikasikannya. Tetapi pengunjung situs biasa mungkin tidak akan tahu perbedaannya.

Kita akan masuk ke beberapa detail dalam waktu singkat. Untuk saat ini, yang penting adalah Anda bisa memahami bahwa memulai sebuah blog itu berarti bahwa Anda akan membuat situs web yang perlu Anda perbarui secara teratur (regularly) dengan informasi baru.

Ini adalah poin penting, karena itu merupakan komitmen Anda yang harus Anda patuhi untuk mencapai kesuksesan. Tidak mungkin Anda dapat menyiapkan blog, mempublikasikan satu pos, dan tiba-tiba memperoleh banyak kunjungan (traffic) yang mendorong jumlah pendapatan pasif yang gila.

Itu sih namanya mimpi di siang hari bolong.

Sebaliknya, ketahuilah bahwa Anda perlu waktu untuk mengembangkan pembaca/audiens/pengikut/subscriber. Anda mungkin harus menulis banyak blog post dan membuat banyak konten, selama jangka waktu yang panjang.

Seberapa banyak dan seberapa lama akan sangat bergantung pada tujuan individu Anda. Apakah kamu melakukan ini untuk bersenang-senang? Apakah Anda berharap mendapat sedikit uang? Atau apakah Anda berharap untuk mengubah blog dan minat Anda menjadi bisnis dan karier purna waktu?

*Tulisan ini merupakan rangkaian tulisan berseri Panduan Memulai Blogging

Iklan

2 pemikiran pada “Apa Itu Blogging?

  1. Ping balik: Panduan Memulai Blogging | bangwin.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s