Bagaimana Membuat Blogging Menjadi Sebuah Bisnis?


Judul tulisan kali ini menuntun kita pada pertimbangan yang cukup penting: Bagaimana menghasilkan uang dari blogging.

Jika Anda ngeblog untuk bersenang-senang, atau sudah memiliki rencana untuk memonetisasi blog Anda, silakan lewatkan bagian ini. Namun, jika Anda benar-benar tertarik untuk memahami bagaimana orang dapat mendapatkan penghasilan per bulannya dari blog mereka, saya memiliki pengantar singkat untuk Anda.

Sebenarnya ada banyak cara orang dapat menghasilkan uang dari blog dan situs web, tetapi pada tingkat tinggi, sebagian besar metode masuk dalam beberapa kategori dasar.

Iklan/Advertising

Salah satu cara paling umum untuk memonetisasi blog adalah menambahkan iklan. Google AdSense, misalnya, akan menghasilkan iklan yang dinamis di ruang apa pun yang Anda tentukan yang terkait dengan konten Anda (karena Anda yang lebih tahu konten mana yang menarik bagi pengunjung).

Untuk mendapatkan revenue yang menarik dari iklan, Anda harus menetapkan peningkatan traffic. Mengisi situs web baru dengan iklan biasanya akan tersandung pada SEO yang buruk , dan pengiklan biasanya hanya tertarik untuk bekerja dengan merek/brand terkenal, jadi jangan berencana untuk langsung menerapkan iklan.

Menjual Produk

Cara umum lain untuk memonetisasi situs atau blog adalah menjual produk. Bisa produk digital yang Anda buat (atau jual kembali) atau produk fisik. Tergantung pada jenis produk yang akan dijual, Anda mungkin perlu mengintegrasikan aplikasi keranjang belanja (shopping cart) ke situs Anda, atau Anda mungkin dapat merujuk pengunjung dan pembeli yang tertarik ke situs yang terpisah (atau hanya menggunakan tombol pembayaran via pihak ketiga seperti Paypal atau Doku, dan sebagainya, misalnya).

Meskipun Anda pasti dapat meluncurkan blog Anda dengan produk untuk dijual (terutama jika itu adalah bisnis Anda), ingatlah bahwa sebagai bisnis dan blogger baru, Anda masih perlu membangun reputasi, jadi jagalah harapan Anda diawal.

Menjual Layanan/Jasa

Meskipun menjual layanan/jasa mungkin bukan fokus utama blogger yang umum, namun ini juga opsi yang menguntungkan, terutama jika Anda secara bersamaan bekerja untuk mengembangkan aliran pendapatan pasif.

Dengan kata lain, ketika Anda membangun traffic dan secara perlahan menghasilkan lebih banyak dari iklan atau sumber lainnya, Anda masih dapat menghasilkan dengan menggunakan konten blog Anda untuk membangun otoritas di bidang yang Anda pilih dan juga menawarkan layanan/jasa Anda kepada orang lain. Anda dapat mempromosikannya langsung di situs Anda, dan juga melalui situs pihak ketiga (seperti misalnya Fiverr.com atau Guru.com).

Afiliasi/Affiliate Recommendations

Yang terakhir, apa yang biasanya disebut sebagai salah satu cara yang paling efektif bagi blogger untuk menghasilkan uang adalah melalui afiliasi rekomendasi dan afiliasi penjualan.

Pengaturannya sederhana. Anda membuat situs blog Anda berkaitan dengan tema-tema utama, mengidentifikasi satu atau lebih bisnis yang sudah menjual produk atau layanan yang melayani ceruk tersebut, dan kemudian Anda mempromosikannya di situs Anda. Sebagai afiliasi, Anda diberikan tautan khusus yang bisa digunakan untuk mereferensikan pembaca yang ketika diklik, secara otomatis mengaitkan pengunjung dan pelanggan itu dengan Anda. Anda mendapatkan kredit dan komisi untuk apa pun yang mereka beli.

Sama seperti semua metode lainnya, ini sama sekali bukan jalan yang mudah untuk menuju kekayaan yang tak terhingga. Anda masih perlu mengembangkan audiens dan membangun otoritas Anda. Dan ketika Anda ingin mempromosikan produk afiliasi, Anda harus benar-benar menjualnya dan menunjukkan nilai, sama seperti jika Anda menjual produk atau layanan Anda sendiri.

Yang menarik adalah pemenuhannya adalah tanggung jawab 100% orang lain. Dan jika Anda dapat membuat beberapa sistem yang sangat efektif untuk menyalurkan pembaca ke dalam produk yang disarankan, Anda akan mulai melihat penghasilan bulanan nyata – cukup untuk membangun kehidupan nyata.

Meskipun biasanya cara yang terbaik itu adalah mengembangkan arsip konten yang kaya dan mengembangkan keterlibatan pengunjung terlebih dahulu, itu tidak berarti Anda tidak harus memiliki rencana bagaimana Anda akan menghasilkan uang.

*Tulisan ini merupakan rangkaian tulisan berseri Panduan Memulai Blogging

Iklan

Satu pemikiran pada “Bagaimana Membuat Blogging Menjadi Sebuah Bisnis?

  1. Ping balik: Panduan Memulai Blogging | bangwin.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s