Bagaimana Mencari Gaya Bertutur dalam Blogging


Satu hal yang mungkin Anda ingin tahu ngeblog adalah “gaya bertutur” (voice). Mungkin Anda pernah mendengar blogger lain membicarakannya. Apa itu gaya bertutur, dan bagaimana Anda bisa mendapatkannya?

Gaya bertutur Anda berkenaan dengan menulis dan blogging sebenarnya sangat mirip dengan gaya bertutur lisan Anda. Maksud saya, ketika Anda dan saya sedang duduk di sebuah kafe minum kopi dan ngobrol, Anda mendengar saya berbicara dengan gaya bertutur saya.

Anda tidak hanya mendengar kata-kata, Anda mendengar hal-hal seperti intonasi, irama, stres, emosi, gairah, kepercayaan diri. Anda belajar banyak dari cara saya berbicara seperti yang saya katakan.

Tulisan Anda juga sama. Tentu, kata-kata yang diketik penting untuk memfasilitasi apa yang ingin Anda komunikasikan.

Tetapi masih ada lagi

Kata apa yang saya pilih untuk digunakan? Kata-kata apa yang saya tekankan? Di mana saya memilih untuk memulai paragraf baru atau menggunakan kalimat pendek.

Gaya.

Ini adalah hal-hal yang, ketika digabungkan, jadi satu untuk membentuk “keunikan Anda”.

Dan ini biasanya terjadi seiring waktu. Ketika Anda mulai menulis posting blog pertama Anda, Anda mungkin tidak memiliki ide yang jelas tentang bagaimana Anda ingin berbicara dengan pembaca Anda.

Anda mungkin tidak tahu apakah Anda ingin menjadi lucu atau pintar atau bahkan mengejutkan.

Tentu saja, gaya apa pun yang Anda pilih biasanya harus mencerminkan siapa Anda di luar tulisan Anda. Sebagian besar teman dan kolega yang “bertemu” dengan saya lewat blog saya dan kemudian kami bertemu tatap muka kemudian menemukan bahwa saya menulis hampir persis seperti saya berbicara.

Gaya seperti apa yang akan Anda pilih? Lebih penting lagi, bagaimana Anda akan menemukan gaya itu?

Ya, seperti banyak aspek lain dari blogging, gaya bertutur Anda akan membutuhkan waktu untuk berkembang. Anda tidak hanya membutuhkan lebih banyak pengalaman untuk dapat membedakan seperti apa suara Anda, namun juga perlu berlatih menulis dengan gaya bertutur tersebut untuk memastikan bahwa semua yang Anda tulis sesuai dengan gaya Anda.

Berikut beberapa kiat untuk memulai:

  • Baca tulisan Anda dengan lantang. Teknik ini cukup berguna. Anda tidak hanya akan menjadi editor yang lebih baik dari karya Anda sendiri, Anda benar-benar akan “mendengar” suara yang telah Anda gambarkan dalam tulisan Anda dan mungkin menemukan diri Anda mencintai apa yang telah Anda rancang.
  • Pelajari aturan tata bahasa. Anda tidak ingin terjebak pada ejaan & tata bahasa, dan Anda pasti tidak ingin pembaca Anda jadi tidak merasa nyaman gara-gara hal tersebut. Biarkan mereka fokus pada apa yang Anda coba katakan, daripada kesalahan-kesalahan membingungkan yang mungkin telah Anda buat.
  • Tahu kapan harus melanggar peraturan. Posting blog bukanlah makalah penelitian perguruan tinggi. Tidak apa-apa untuk melanggar peraturan jika dilakukan dengan sengaja, dengan tujuan untuk pembaca.
  • Tulis dari pengetahuan & keinginan Anda sendiri. Ketika tulisan Anda berasal dari hati & pikiran Anda, bukannya ungkapan catatan dan penelitian, kepribadian Anda bisa keluar dengan jelas.

Meskipun tulisan ini tidak cukup panjang berbicara tentang gaya bertutur blog Anda, itu adalah sesuatu yang sebaiknya Anda pikirkan karena ini juga bisa menjadi salah satu cara terbaik Anda dan blog Anda untuk bisa lebih menonjol diantara ribuan blogger dan blog-blog mereka.

*Tulisan ini merupakan rangkaian tulisan berseri Panduan Memulai Blogging

Iklan

Satu pemikiran pada “Bagaimana Mencari Gaya Bertutur dalam Blogging

  1. Ping balik: Panduan Memulai Blogging | bangwin.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s