Yang Sebaiknya Dihindari Dalam Memulai Blog


Sebelum kita masuk kedalam detail dari apa yang perlu Anda lakukan untuk memulai blog, ijinkan saya mengingatkan agar Anda bisa terhindar dari beberapa kesalahan umum dan salah persepsi tentang opsi blogging.

Kesalahan 1: Saya bisa ngeblog menggunakan media sosial

Ini adalah kesalahan yang pertama. Beberapa orang akan mengatakan kepada Anda bahwa yang Anda perlukan adalah Facebook dan Anda dapat memposting semua konten Anda di sana.

Saya tahu Anda dan kita semua membutuhkan Facebook, dan kita akan membicarakannya nanti, namun bukan berarti Facebook bisa jadi pengganti untuk blog atau situs web bisnis.

Pertama, Facebook Anda ada didalam lingkungannya Facebook yang berarti Anda tidak memiliki kendali atas lingkungan tersebut. Apa yang ada di sidebar dan footer, atau apa yang ada di sekitar konten Anda, tidak ada hubungannya dengan brand atau bisnis Anda.

Jika Anda ngeblog di blog Anda sendiri,  Anda dapat mengaturnya agar ada ruangan untuk mempromosikan bisnis Anda dan mengarahkan pembaca Anda ke dalam kegiatan yang lebih bermanfaat.

Kedua, dan ini tidak dapat diganggu gugat, Anda tidak memiliki halaman Facebook Anda. Facebook dapat mematikan halaman Anda kapan saja, tanpa peringatan, dan tanpa janji untuk mengembalikannya bahkan jika itu adalah kesalahan.

Sementara sebagian besar blogger dan bisnis memiliki sedikit rasa takut berkaitan dengan kehilangan salah satu profil sosial mereka, apakah itu benar-benar risiko yang ingin Anda ambil?

Kesalahan 2: Saya Bisa Ngeblog Menggunakan Situs Web Gratis

Bagaimana jika, ketimbang menggunakan Facebook, Anda memilih blog platform yang gratisan. Itu seharusnya baik-baik saja, kan?

Tidak!

Sekali lagi, seperti halnya dengan Facebook, apa pun yang Anda dapatkan secara gratis berarti Anda tidak membayar atau memiliki barang itu. Jika Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk mempublikasikan ratusan posting blog, apakah Anda benar-benar ingin mengandalkan layanan gratis untuk itu?

Tetapi ada masalah psikologis yang lebih dalam yang dimainkan di sini.

Jika Anda ingin blog Anda dianggap serius, Anda tidak dapat memilih situs web gratis. Tidak peduli seberapa keras Anda mencoba, akan jelas bagi setiap pembaca bahwa Anda terlalu pelit untuk membayar hosting atau terlalu malas untuk mencoba.

Keduanya meninggalkan kesan jelek buat Anda dimata orang dan mereka tidak akan tertarik untuk belajar lebih banyak dari Anda.

Jadi, janganlah anggap remeh 🙂

*Tulisan ini merupakan rangkaian tulisan berseri Panduan Memulai Blogging

Iklan

Satu pemikiran pada “Yang Sebaiknya Dihindari Dalam Memulai Blog

  1. Ping balik: Panduan Memulai Blogging | bangwin.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s