Memulai Blog


Dari sisi teknis, Anda memerlukan tiga hal untuk memulai sebuah blog: Nama Domain, Hosting, Platform Blog. Yuk kita bahas.

Nama Domain

Nama domain Anda akan menjadi alamat blog Anda di web. Blog saya, misalnya, menggunakan nama domain bangwin.net. Ada dua bagian untuk nama domain itu yang dipisahkan oleh titik, yaitu: bagian kiri, yang unik untuk Anda dan blog Anda, dan bagian kanan, yang disebut sebagai top-level domain atau ekstensi.

Meskipun ada banyak top-level domain yang dapat dipilih (.net atau .info, misalnya), namun jika dimungkinkan pilihlah domain .com karena domain ini adalah ekstensi default, dan dianggap sebagai yang paling otoritatif.

Memilih nama domain lalu Anda juga perlu mencari kombinasi dari bagian kiri yang tersedia + top-level domain. Tidak ada yang mudah! Terus terang, mencari top-level domain .com yang tersedia sering membuat frustasi dan juga menyita waktu.

Saran saya: Jangan menentukan nama untuk bisnis Anda sampai Anda menemukan nama domain yang sempurna. 

Tips tambahan untuk pemilihan nama domain:

  1. Gunakan nama domain .com jika memungkinkan.
  2. Jangan berinvestasi pada nama domain Premium (saat ini dimiliki oleh orang lain) kecuali Anda memiliki merek yang mapan.
  3. Hindari angka atau tanda baca.
  4. Nama domain tidak case sensitive, sehingga Anda dapat menulisnya dengan cara menggunakan pembedaan beberapa kata agar mudah dibaca, seperti TheGreatCompany.com dibandingkan dengan thegreatcompany.com.
  5. Periksa ketersediaan nama user yang ada di jejaring sosial papan atas (yaitu Facebook, Instagram dan Twitter) untuk memastikan kesamaan brand.
  6. Buat keputusan tentang nama domain Anda dalam waktu 48 jam setelah menemukan yang nama yang tepat, untuk menghindari “squatter” membelinya sebelum Anda.

Setelah Anda menemukan nama domain yang sempurna, jangan membelinya dulu. Biasanya, Anda bisa mendapatkan nama domain secara gratis jika Anda membeli paket hosting, nanti akan kita bahas lebih lanjut.

Hosting untuk Blog

Hosting adalah lokasi fisik dimana blog dan situs web Anda berada, tempat file, folder dan data Anda bisa diakses, dan ini merupakan salah satu biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat blog atau situs web bisa berfungsi. Biayanya beragam tergantung pada kebutuhan situs Anda.

Untuk blogger baru, kabar baiknya adalah Anda dapat memulai dengan relatif murah, dan mengupgradenya sesuai kebutuhan. Seiring dengan berjalannya waktu, saat situs Anda mendapatkan lebih banyak traffic dan minat, Anda harus mengupgrade hosting Anda. Tapi tidak perlu kuatir karena hal tersebut istilahnya adalah “a nice problem to have!”

Biasanya, hosting ditawarkan dengan istilah Shared, Virtual Private Server, atau Dedicated.

Shared – Opsi hosting paling umum dan paling murah. Hosting semacam ini adalah ketika Anda dan banyak orang lain menggunakan ruang di server yang sama secara bersamaan.

Virtual Private Server – Opsi hosting yang diupgrade. Jenis hosting seperti ini menawarkan akses yang lebih besar ke sumber daya server untuk sejumlah klien terbatas.

Dedicated – Ini adalah pilihan hosting terbaik. Jenis hosting ini menawarkan Anda server lengkap hanya untuk situs web dan pengunjung Anda. Kinerja server ini adalah yang terbaik, tetapi ya biayanya juga mencerminkan hal itu.

Seperti yang saya sebutkan, blogger baru bisa memulai dengan akun shared hosting.

Platform Blog

Sebuah blog adalah situs web dengan “Content Management System”, atau CMS. Itu berarti bahwa saya dapat masuk ke area administrasi backend situs saya dan menambahkan konten menggunakan form standar. Setelah konten disubmit, CMS secara otomatis menyusun dan menampilkan konten sebagaimana yang sudah diatur. Posting blog baru, misalnya, ditampilkan di beranda (homepage) dan dalam kategori yang dipilih.

Tentu saja ada berbagai jenis platform yang bisa Anda gunakan untuk membuat blog. Saya merekomendasikan blogger baru untuk menggunakan WordPress. WordPress adalah CMS yang paling populer di dunia, dan untuk alasan yang bagus. Mudah untuk memulai dan menggunakan, dan cukup fleksibel untuk mengakomodasi sebagian besar blog dan model bisnis.

Nanti akan kita bahas lebih detail bagaimana mensetup WordPress agar bisa Anda gunakan sebagai tempat Anda ngeblog.

*Tulisan ini merupakan rangkaian tulisan berseri Panduan Memulai Blogging

Iklan

Satu pemikiran pada “Memulai Blog

  1. Ping balik: Panduan Memulai Blogging | bangwin.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.